BNI tawarkan solusi dan literasi keuangan dorong UMKM Go Global

id BNI,BNI London,Umkm go digital,umkm bni

BNI tawarkan solusi dan literasi keuangan dorong UMKM Go Global

Ilustrasi: Warga bersepeda melintas di depan Kantor Cabang Luar Negeri BNI London, yang siap menjadi bank pilihan tujuh juta diaspora Indonesia di berbagai negara. ANTARA/HO-BNI/am.

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk  melalui Kantor Cabang London pun terus meningkatkan program pendampingan agar akselerasi kinerja UMKM Go Global lebih kuat di masa pemulihan ekonomi.

Duta Besar RI Untuk Inggris Merangkap Irlandia dan IMO Desra Percaya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, mengatakan pada masa pandemi ekspor Indonesia mengalami peningkatan dan tetap surplus.

“Artinya, jumlah barang yang diekspor oleh Indonesia masih jauh lebih banyak, dibandingkan yang diimpor dari Inggris. Perdagangan dua negara didominasi ekspor dari Indonesia, terutama produk kayu dan furnitur,” ujarnya.

Kendati demikian Desar menyebut nilai tersebut masih belum mencerminkan potensi sebenarnya dan masih ada ruang peningkatan, terutama untuk produk UMKM,m.

Untuk meningkatkan perdagangan dengan Inggris, dia mendorong produk UMKM menjadi salah satu unggulan. Untuk itu KBRI di Inggris pun melakukan upaya pendampingan, promosi, hingga bekerja sama dengan lembaga keuangan.

Salah satu kerja sama yang terjalin bersama BNI yang berada di London. Pasalnya, selain kualitas produk dan promosi, akses keuangan berperan penting bagi UMKM terutama dari sisi permodalan dan transaksi.

"KBRI menjadi fasilitator, memberikan masukan soal peluang dan hambatan yang biasanya dihadapi pelaku usaha Indonesia. Kemudian Business Matching dengan calon buyer dari Inggris untuk produk unggulan seperti rempah, furnitur, kayu, dan teskstil," ucap Desra.

Dia mengakui Indonesia masih kurang dikenal dan menjadi salah satu tantangan. Hal ini membuat diaspora yang berada di Inggris raya memiliki peran penting dalam upaya promosi dan pengenalan produk Indonesia.

"Ada 70 diaspora Indonesia yang bergerak di bidang seni kebudayaan, jasa, kuliner yang membentuk ISME UK sehingga mereka bisa mempromosikan produknya. Kemudian memfasilitasi perluasan jejaring UMKM agar sesuai dengan kebijakan pemerintah dan pasar Inggris, hingga pembiayaan kredit dengan dukungan BNI," jelasnya.

Adapun, General Manager BNI London Roekma Hari Adji mengungkapkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa mendatang akan terus berkembang, terutama dengan pesatnya perkembangan digital.

Melihat hal itu BNI senantiasa untuk selalu memberikan sebuah solusi dan literasi keuangan agar UMKM bisa bangkit dan menembus pasar global.

"Kami akan memaksimalkan kapabilitas BNI untuk berkontribusi agar UMKM bisa Go Global. Salah satunya melalui BNI Xpora, kami berupaya memberikan solusi end to end untuk UMKM sehingga bisa menembus pasar global," kata Adji.

Lebih lanjut, Adji menyampaikan literasi keuangan menjadi salah satu solusi bagi pelaku UMKM untuk memahami bagaimana berbisnis dengan pelaku global. Minimnya literasi keuangan seringkali menjadi hambatan bagi UMKM untuk naik kelas ataupun menembus pasar global.

"International desk dan trade finance specialist BNI siap memberikan literasi keuangan terkait dengan transaksi global dan manajemen risikonya, serta kiat-kiat berbisnis secara global," jelas Adji.

BNI juga berusaha menghubungkan antara UMKM Indonesia dengan UMKM diaspora di Inggris (business matching). Menghubungkan UMKM lokal dengan diaspora pun menurutnya bisa menjadi salah satu upaya peningkatan ekspor UMKM ke Inggris.

"Di Inggris masih perlu memperkenalkan produk UMKM lokal karena produk Indonesia masih perlu diperkenalkan, jadi untuk membantu UMKM binaan BNI, kami memperkenalkannya melalui ekosistem UMKM diaspora, mengikutsertakan dalam pameran di Inggris yang berskala internasional," ujarnya.

Ia mengungkapkan ketika UMKM tersebut mampu melakukan ekspor dan ingin memperluas pasar, BNI melalui cabang-cabangnya di luar negeri pun akan memberikan solusi keuangan terkait permodalan kerdit ekspor, modal kerja, atau kredit investasi.

“Bagi mereka yang memiliki rencana pengembangan usaha, BNI memiliki solusi secara end to end," kata dia.

Saat ini, BNI London juga bersinergi dengan KBRI untuk membawa produk binaan BNI diperkenalkan di Inggris. Pihaknya pun aktif dalam diplomasi ekonomi, dan dengan hubungan baik kedua negara menjadi salah satu peluang besar bagi UMKM.

"Kami ingin menjadi salah satu pilar pengembangan UMKM go global dari sisi perbankan bekerja sama dengan KBRI maupun stakeholder kunci lainya al: berkolaborasi dengan UMKM diaspora mempelajari trend pasar terkait apa yg dibutuhkan di pasar UK, dan memperkenalkan produk UMKM Indonesia ke diaspora sini bersama sama untuk penetrasi ke pasar yang lebih luas," ungkapnya.