Diskop dan UMKM: SDM penting bagi pembentukan "Smart Branding"

id Dinas KUMK, UMKM lampung

Diskop dan UMKM:  SDM penting bagi pembentukan "Smart Branding"

Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung Budiharto Setyawan beserta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Agus Nompitu dalam acara "Smart Branding", di Bandarlampung, Sabtu (29/2/2020). (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanari)

"Pengembangan UMKM menjadi salah satu fokus utama di Lampung, oleh karena itu perlu terbentuk sumber daya manusia yang baik," ujar Agus Nompitu, di Bandarlampung, Sabtu.
Bandar Lampung (ANTARA) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Lampung Agus Nompitu mengatakan pentingnya pembentukan sumber daya manusia dalam membangun "Smart Branding" di era digitalisasi. 

"Pengembangan UMKM menjadi salah satu fokus utama di Lampung, oleh karena itu perlu terbentuk sumber daya manusia yang baik," ujar Agus Nompitu, di Bandarlampung, Sabtu. 
Baca juga: Koperasi Crafter Cinta Lampung jadi wadah kembangkan UMKM kerajinan tangan

Menurutnya, Lampung memiliki 168 ribu UMKM, dan aspek dominan yang dihadapi oleh pelaku UMKM berkaitan dengan permasalahan sumber daya manusia. 

"Aspek dominan yang dihadapi oleh 168 ribu UMKM Lampung berkutat pada kualitas sumber daya manusia, sehingga kami sangat mendukung adanya "Smart Branding", untuk meningkatkan kelas UMKM," katanya pula.

Menurut Agus Nompitu, di era modern, pelaku UMKM harus aktif mengembangkan produk serta pemasaran di pasar digital. 

"Pelaku UMKM di era digitalisasi teknologi tidak bisa hanya memanfaatkan pemasaran secara konvensional, kita juga perlu melihat potensi yang ada di pasar digital agar UMKM Lampung dapat naik kelas," katanya lagi.
Baca juga: Lampung optimistis bangun koperasi melalui program OVOK

Ia mengatakan, untuk membangun "Smart Branding" yang baik perlu adanya edukasi dan pembinaan mengenai pengetahuan serta penguasaan teknologi bagi UMKM. 

"Tidak dapat dipungkiri tidak semua pelaku UMKM paham dan menguasai teknologi, terlebih perkembangannya sangatlah cepat, sehingga untuk memaksimalkan terbentuknya "Smart Branding", guna menaikkan kelas UMKM Lampung perlu terus dilakukan edukasi agar seluruh pelaku UMKM tidak gagap teknologi," kata dia.

Menurutnya, sumber daya manusia yang unggul juga dapat mengurangi kerugian para pelaku UMKM dan menaikkan iklim perekonomian yang baik di Lampung. 

Baca juga: BI fasilitasi UMKM Lampung masuk pasar ekspor

 

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar