Dua Warga Tulangbawang Menderita Penyakit DBD

id DBD, Tulangbawang, pasien

Pasien DBD tengah dirawat di Klinik Mandiri Aryadi Care Center (Antara Lampung/HO)

Dua pasien yang merupakan warga Tiyuh Penumangan tersebut positif terjangkit DBD terlihat dari hasil laboratorium.
Tulangbawang (ANTARA) - Dua warga Tulangbawang Rohela (35) dan Muriyana (37) menderita penyakit demam berdarah  dengue (DBD) dan saat ini tengah menjalani perawatan di Klinik Mandiri Aryadi Care Center daerah setempat. 

"Dua pasien yang merupakan warga Tiyuh Penumangan tersebut positif terjangkit DBD terlihat dari hasil laboratorim, " kata Apriyadi perawat klinik Mandiri Aryadi Care Center,  Di Tulangbawang,  Senin. 

Ia menyebutkan,  kedua pasien tersebut berdasarkan hasil laboratorium trombositnya turun dan gejalanya sejak seminggu lalu. 

Apriayadi menyampaikan kepada pihak keluarga pasien agar dirawat di rumah sakit. Namun pihak keluarga menolak dan ada juga yang minta untuk di rawat di rumah saja.

"Seharusnya ini dirawat di rumah sakit namun mereka tetap meminta di sini dan kami akan berupaya semaksimal mungkin membantu. Sementara untuk pasien Rohela itu minta untuk dirawat di rumah saja," terang nya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya Tiyuh Penumangan untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran penyakit DBD dimulai dari lingkungan tempat masyarakat tinggal.

"Tindakan pencegahan itu lebih baik dari pada mengobati. Dalam memberantas nyamuk ini tidak bisa hanya dengan fogging saja, karena yang mati hanya nyamuk dewasa, sedangkan jentik-jentik nyamuknya masih terus hidup. Untuk itu, masyarakat harus melakukan 3M plus untuk dapat mencegah penyebaran penyakit DBD, " tambahnya. 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar