GWS: Cegah narkoba dengan 4P

id Giwo Rubianto Wiyogo, cegah narkoba 4p, badan narkotk nasional

GWS: Cegah narkoba dengan 4P

Ketua Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) Giwo Rubianto Wiyogo. (istimewa)

Konsep yang kami tawarkan yaitu pertama perkuat kesadaran masyarakat mengenai narkoba.
Jakarta (ANTARA Lampung) - Ketua Umum Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan pencegahan penyalahgunaan narkoba bisa dilakukan dengan pendekatan komperehensif dan konsep 4P.

"Konsep yang kami tawarkan yaitu pertama perkuat kesadaran masyarakat mengenai narkoba," ujar Giwo dalam sosialisasi bahaya narkoba dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Jakarta, Kamis.

Kedua, memperkuat komitmen untuk mencegah narkoba. Ketiga, memperkuat jaringan untuk anti narkoba.

"Kemudian keempat adalah memperkuat promosi anti narkoba".

Dia menjelaskan ada beberapa penyebab timbulnya penyalahgunaan narkotika yakni faktor individu, sosial budaya, lingkungan, dan narkotika.

"Faktor individu terdiri dari aspek kepribadian dan kecemasan, termasuk dalam aspek kepribadian, karena pribadi yang ingin tahu, mudah kecewa, tidak sabar.".

Faktor sosial budaya terdiri atas kondisi keluarga dan pengaruh pergaulan.

Faktor lingkungan yang tidak baik turut mendorong anak mengenal narkoba.

"Mudahnya mendapatkan narkoba menjadi salah satu pendukung bertambahnya pengguna narkoba," jelas dia.

Giwo yang juga Ketua Umum Kowani itu menambahkan perempuan harus berperan penting dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba.

"Kaum perempuan harus menjadi pelopor dalam menyukseskan program pemerintah dalam gerakan darurat narkoba melalui pencanangan gerakan rehabilitasi 100.000 orang karena kebutuhan riil yang harus didukung dan perlu dibantu oleh semua elemen bangsa termasuk GWS," harap dia.

Gerakan Wanita Sejahtera merupakan organisasi kemasyarakatan bagi kaum perempuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan tentang pentingnya pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.