Damri memperkuat armada premium rute Jakarta-Lampung

id Damri,Jakarta,Lampung,Bandung

Damri memperkuat armada premium rute Jakarta-Lampung

Sebuah bus Damri terparkir di halaman Kantor Damri Lampung . Antara/HO-Humas Damri

Tarif yang berlaku untuk rute Jakarta - Lampung (PP) sebesar Rp390.000. Sementara, untuk rute Bandung - Lampung (PP) sebesar Rp435.000

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri memperkuat armada premium untuk rute Jakarta-Lampung dan Bandung-Lampung pulang pergi (PP) guna meningkatkan kualitas layanan transportasi antarkota dengan menyediakan opsi yang lebih nyaman dan berkualitas kepada penumpang.

“Damri memperkenalkan sarana baru premium untuk rute menuju Lampung. Damri sebagai BUMN transportasi jalan tunggal berupaya terus melakukan inovasi dan pengembangan armada untuk menjamin kenyamanan penumpang selama perjalanan,” kata Corporate Secretary Damri Chrystian R. M. Pohan dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Pria yang akrab disapa Pohan ini menyampaikan bahwa sarana terbaru Damri tersebut mulai dioperasikan sejak awal April 2024 guna mendukung operasional angkutan Lebaran 2024. Namun kini penggunaan sarana tersebut dilanjutkan.

“Kami menghadirkan sarana baru ini bukan hanya untuk mendukung operasional Damri selama mudik Lebaran saja, tetapi juga merupakan manifestasi komitmen Damri untuk terus berbenah demi melayani pelanggan dengan lebih baik,” jelas Pohan.

Ia menjelaskan sarana angkutan yang dioperasikan Damri pada trayek antar kota antar provinsi (AKAP) dengan rute Jakarta-Lampung pulang pergi (PP) dan Jakarta-Bandung (PP) menggunakan chassis yang sudah dilengkapi dengan sistem suspensi udara.
 

“Sehingga menambah kenyamanan pelanggan dan sistem pengereman anti lock braking system (ABS) sebagai fitur keselamatan tambahan, serta memiliki standar emisi gas buang Euro IV yang menjadikannya lebih ramah lingkungan,” ujar Pohan.

Sarana angkutan tersebut, lanjut Pohan, berkapasitas 23 orang dengan konfigurasi kursi 2-1 dengan beragam fasilitas yang menjamin kenyamanan dan keamanan pelanggan mulai dari alat pemadam api sederhana, palu pemecah kaca, CCTV, pintu darurat.

Selanjutnya meja di setiap bangku, cup holder, toilet, bagasi atas, audio video on demand (AVOD), kursi, usb port, leg rest, seat belt, dan kotak P3K.

“Pelanggan dapat merasakan pengalaman perjalanan baru dengan armada Damri ini dengan memesan tiket rute Jakarta - Lampung atau Bandung - Lampung melalui Damri Apps, loket Damri di titik keberangkatan, maupun online travel agent (OTA) yang bekerja sama dengan Damri,” tambah Pohan.

Pohan mengatakan titik keberangkatan layanan tersebut dari Jakarta tersedia di Stasiun KA Gambir, dari Bandung tersedia di Pool Damri Kebon Kawung, serta dari Lampung di Pool Damri Rajabasa dan Stasiun KA Tanjung Karang.

Tarif yang berlaku untuk rute Jakarta - Lampung (PP) sebesar Rp390.000. Sementara, untuk rute Bandung - Lampung (PP) sebesar Rp435.000.

“Kami memastikan bahwa armada Damri siap beroperasi secara optimal dengan melakukan ramp check berkala serta memastikan bahwa pramudi yang bertugas dalam keadaan fit. Fungsi lCentral Control Room juga selalu kami optimalkan untuk memastikan bahwa seluruh perjalanan Damri berjalan sesuai dengan standard yang berlaku,” imbuh Pohan.