Wali Kota Metro imbau masyarakat hati-hati tinggalkan rumah saat mudik

id Mudiklebaran,kota metro, wali kota metro

Wali Kota Metro imbau masyarakat hati-hati tinggalkan rumah saat mudik

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin mengimbau masyarakat yang ingin mudik lebaran untuk teliti sebelum meninggalkan rumahnya, guna mengantisipasi terjadinya musibah seperti pencurian dan kebakaran.

Wahdi mengatakan, sebelum mudik masyarakat diminta untuk melapor terlebih dahulu ke RT dan RW setempat agar nantinya bisa diawasi. 

"Masyarakat yang ingin bermudik kami imbau, nanti akan disampaikan melalui RT dan RW juga, agar tidak meninggalkan rumah dalam kondisi-kondisi tertentu yang berbahaya ya, seperti misalnya kulkas yang menyala atau listrik, segala macam ya,” kata Wahdi, di Metro, Selasa.

Ia menyarankan, agar rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya dipadamkan arus listriknya. Kemudian, koordinasi antarwarga juga perlu dilakukan untuk menciptakan kondusivitas dan keamanan khususnya untuk rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya itu.

“Di sini penting juga untuk masyarakat agar bisa saling mengingatkan bahwa jika ada rumah tetangganya yang masih dalam kondisi listrik menyala. Itu atas izin RT dan RW agar dipadamkan saja listriknya supaya tidak terjadi korsleting,” tuturnya.

Wahdi mengimbau masyarakat untuk saling menjaga agar tercipta kondisi aman dan kondusif.

“Kemudian, bergotong-royong. Saling menjaga satu sama lain, agar tidak terjadi pencurian juga saat rumah warga ditinggal mudik,” tandasnya.