Jumlah pemudik yang datang ke Metro Lampung meningkat 11,4 persen

id Mudiklebaran,mudik metro

Jumlah pemudik yang datang ke Metro Lampung meningkat 11,4 persen

Para pemudik turun di Terminal Mulyojati, Metro Barat, Metro, Lampung. ANTARA/Hendra Kurniawan

Tahun ini kedatangannya meningkat dibandingkan tahun lalu. Peningkatannya sekitar 11,4 persen.
Metro (ANTARA) - Jumlah pemudik yang datang ke Kota Metro, Lampung pada Lebaran tahun 2023 ini meningkat 11,4 persen dibanding mudik tahun lalu. Namun, untuk jumlah keberangkatan mengalami penurunan.

"Tahun ini kedatangannya meningkat dibandingkan tahun lalu. Peningkatannya sekitar 11,4 persen. Sementara untuk keberangkatan penumpang turun," kata Kepala Terminal Tipe B Mulyojati Dwi Hera Pratiwi, di Metro, Jumat.

Dia menyatakan pula, kedatangan penumpang didominasi pemudik dari Pulau Jawa tepatnya Yogyakarta. Pemudik yang menuju ke Pulau Jawa juga mayoritas penumpang tujuannya ke Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Kedatangan maupun keberangkatan didominasi dari Pulau Jawa, tepatnya Yogyakarta dan Jawa Tengah yang melalui Terminal Mulyojati,” katanya lagi.

Sementara, untuk arus balik pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2023 ini, pihaknya memprediksi akan terjadi pada tanggal 25 sampai 26 April 2023.

“Kemungkinan akan ramai ya, karena kedatangan menjelang Idul Fitri ini meningkat,” katanya pula.

Dia berpesan kepada para pemudik, untuk tetap berhati-hati di jalan bagi pengguna angkutan umum maupun yang membawa kendaraan pribadi.

“Utamakan keselamatan, kesehatan. Jadikan mudik tahun 2023 ini mudik aman dan berkesan,” ujarnya lagi.

Dari data kedatangan dan keberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang dihimpun dari Terminal Mulyojati Kota Metro, pada tanggal 16 April 2023, tercatat kedatangan penumpang ada 90 orang, dan keberangkatan ada 81 penumpang. Pada 17 April 2023, kedatangan penumpang tercatat sebanyak 66, dan 59 penumpang untuk keberangkatan.

Kemudian, pada 18 April 2023 sebanyak 58 penumpang datang dari Pulau Jawa melalui Terminal Mulyojati dan 56 penumpang berangkat ke Pulau Jawa. Lalu, pada 19 April, sebanyak 67 penumpang turun di Terminal Mulyojati dari Pulau Jawa dan 40 orang berangkat menuju Pulau Jawa.
Baca juga: Wali Kota Metro tinjau pos pengamanan dan pelayanan arus mudik Lebaran
Baca juga: Kapolres sebut arus mudik di Metro Lampung terpantau ramai lancar