Stafsus Menag sebut pemasangan Chattra harapan umat Buddha

id Chattra,Candi borobudur,Kemenag

Stafsus Menag sebut pemasangan Chattra harapan umat Buddha

Sejumlah pengunjung berjalan menuju Candi Borobudur di Magelang, Selasa (10/10/2023). (ANTARA/Asep Firmansyah)

Magelang (ANTARA) -
Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo menyebut rencana pemasangan Chattra atau payung di stupa utama Candi Borobudur menjadi harapan umat Buddha terkait dengan kesempurnaan candi di Kabupaten Magelang, Jateng itu.
 
"Memang ini mayoritas diinginkan merupakan harapan dari kalangan umat Buddha agar Chattra dipasang," ujar dia di Magelang, Selasa.
 
Ia mengatakan umat Buddha meyakini bahwa pemasangan Chattra ibarat sebuah kepala yang akan melengkapi tubuh. Kelengkapan tersebut akan menjadi suatu kesempurnaan dan keagungan Candi Borobudur.
 
Menurut dia, pemasangan Chattra di puncak stupa utama Candi Borobudur bagi para tokoh agama dan umat Buddha Indonesia memiliki makna filosofi sebagai objek persembahan surgawi dan sebagai pelindung.
 
"Umat Buddha sudah sangat lama merindukan terjadinya kesempurnaan di dalam stupa Candi Borobudur. Nah, melengkapi kesempurnaan itu dengan memasang Chattra," kata dia.
 
Terkait dengan masih adanya pro dan kontra dari para arkeolog dengan pemasangan Chattra itu, ia memandang hal tersebut perlu terus didiskusikan. Pendapat antara masing-masing pihak harus diakomodasi sehingga menemukan titik temu.
 
Sejumlah arkeolog menganggap pemasangan Chattra tidak memenuhi kriteria rekonstruksi arkeologi, karena persentase kombinasi antara batu asli dengan batu yang baru.
 
Selain itu, mereka berpandangan bahwa Chattra bukanlah payung yang sebelumnya dipasang di puncak stupa utama Candi Borobudur.
 
"Perspektif umat Buddha juga harus diakomodir. Tidak boleh juga hanya semata pertimbangan arkeologi, tapi ada juga pertimbangan teologis, pertimbangan spiritualitas dari teman-teman Buddha," kata Wibowo.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Stafsus Menag: Pemasangan Chattra harapan umat Buddha