Lions Club Indonesia berikan edukasi kejiwaan kepada narapidana perempuan

id LCI, lion clubs indonesia, lapas perempuan, napi lapas perempuan

Lions Club Indonesia berikan edukasi kejiwaan kepada narapidana perempuan

Pemeriksaan kesehatan kepada narapidana perempuan. (Antaralampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Lions Club Indonesia memberikan pelayanan kesehatan terhadap seluruh narapidana perempuan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan, Bandarlampung.

Wakil Gubernur I Lions Club Indonesia, Soedarminto mengatakan, pelayanan kesehatan yang di laksanakan di Lapas Perempuan tersebut meliputi beberapa pelayanan seperti pemeriksaan gigi, mata, diabetes, dan edukasi kejiwaan.

"Kegiatan kesehatan yang kami laksanakan ini merupakan program pokok LCI menjelang HUT ke-10 LCI Bandarlampung," katanya di Bandarlampung, Jumat.

Dia melanjutkan, LCI sendiri merupakan suatu organisasi yang mengabdikan diri pada tugas-tugas kemanusiaan salah satunya kesehatan terhadap masyarakat.

Melalui pengabdian tersebut, LCI juga tidak hanya peduli terhadap kesehatan melainkan juga peduli terhadap lingkungan.

"Untuk kesehatan banyak kegiatan yang kami lakukan seperti mendukung penurunan stunting, operasi katarak, vaksinasi, baksos, dan lainnya. Tapi kami juga memperdulikan lingkungan seperti yang sudah kami lakukan di Lapas Perempuan ini melakukan penanaman terhadap ratusan pohon," kata dia.

Ia menambahkan LCI juga selain memperdulikan kesehatan dan lingkungan juga dibentuk dalam upaya memberikan harapan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan cara menyalurkan bantuan dari berbagai pihak melalui dukungan kegiatan sosial, pendidikan, dan kemasyarakatan.

"Kami merupakan organisasi terbesar di dunia terkait kemasyarakatan dengan mempunyai anggota 1,5 juta di seluruh Indonesia. Karena itu kami organisasi kemasyarakatan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan melalui kegiatan hari ini semoga ke depan ada berkelanjutan seperti apa yang di butuhkan di Lapas ini," katanya.

"Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Lapas Perempuan yang telah memfasilitasi kami untuk peduli terhadap kesehatan masyarakat khususnya narapidana perempuan," katanya lagi.

Kalapas Perempuan Putranti Rahayu mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemanngku kepentingan yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan LCI yang sangat mempunyai kepedulian untuk meningkatkan upaya-upaya pembinaan di Lapas Perempuan.

"Upaya-upaya pemberdayaan dari LCI ini tentunya sangat dibutuhkan terutama dalam pemberdayaan sarana, SDM, dan upaya-upaya pemulihan kesehatan seperti gigi, kejiwaan, serta penyuluhan-penyuluhan kesehatan lainnya," kata dia.