Penjabat Bupati Tubaba pimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-62

id lampung, tubaba, tulang bawnag barat, pemkab tubaba

Penjabat Bupati Tubaba pimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-62

Penjabat Bupati Tubaba M Firsada pimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-62. ANTARA/HO-Pemkab Tubaba

Wawasan Kebangsaan menjadi penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur,

Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) M Firsada, selaku pembina upacara, memimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Gerakan Pramuka Kabupaten Tubaba, yang berlangsung di Lapangan Tiyuh(Desa) Margo Dadi, Kecamatan Tulangbawang Udik, Selasa (12/9).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Pramuka Nasional ke-62 yang mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Jadi Pramuka Ke-62 Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Pj Bupati Tubaba,  M Firsada, yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Tubaba menjelaskan, tema peringatan hari Pramuka tahun ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih profesional.   

"Wawasan Kebangsaan menjadi penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara," ujarnya.

Dia mengungkapkan, SDM yang ada di Gerakan Pramuka Kabupaten Tubaba khususnya para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka jumlahnya masih terbatas. Oleh karena itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka di Tubaba harus terus ditingkatkan.

Di samping itu, kata Firsada lagi, kwartir cabang juga agar menaruh perhatian pada peningkatan kualitas gugus depan-gugus depan Pramuka di mana pun berada. 

"Kegiatan-kegiatan latihan di gugus depan agar terus dikembangkan serta terus meningkatkan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama," katanya lagi.

"Kegiatan-kegiatan kepramukaan hendaknya dikemas menarik, inovatif, menyenangkan, serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi," ujar Pj Bupati Firsada.

Selain itu, Firsada juga menjelaskan, guna meningkatkan kualitas dan jumlah Pembina Pramuka yang kompeten, pada 2023 Kwarcab Gerakan Pramuka Tubaba akan melaksanakan Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Mahir Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML).

"Rencana kegiatan itu telah mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Tubaba, melalui sekolah di bawah naungan masing-masing," ujarnya pula.

"Agar KMD dan KML berhasil guna dan berdaya guna, perencanaan agar dilakukan lebih awal. Pelaksanaan kegiatan agar dilakukan sesuai rencana, serta evaluasinya dilakukan pada saat dan setelah pelaksanaan kegiatan," kata dia.

Firsada berpesan, agar menyukseskan salah satu program Kwarnas Gerakan Pramuka, yaitu peningkatan jumlah Pramuka Garuda pada semua tingkatan.

"Untuk menjadi Pramuka Garuda, peserta didik harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan Keputusan Kwarnas Nomor 038 Tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda," ujar dia lagi.

Di samping itu, kata Firsada, program akreditasi gugus depan juga harus bisa diwujudkan. 

"Sampai saat ini belum ada satu pun gugus depan di Tubaba yang telah terakreditasi. Hal ini agar menjadi perhatian para kepala sekolah selaku ketua mabigus bersama pengurus gugus depan," katanya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Firsada mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada kepala tiyuh dan jajaran aparatur Tiyuh Margo Dadi.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kepalo Tiyuh Margodadi dan jajaran, serta masyarakat sekitar lokasi kegiatan Peringatan Hari Pramuka Ke-62 ini. Dukungan masyarakat sekitar sangat membantu terhadap suksesnya pelaksanaan kegiatan ini," ujar Firsada.

Apel Besar Pramuka tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, Kajari Tubaba Sri Harianto, Kapolres Tubaba AKBP Ndaru Istimawan SIK, dan kepala OPD serta para camat.

Baca juga: Penjabat Bupati Tubaba ikuti rapat paripurna DPRD bahas dua agenda
Baca juga: Pemkab Tubaba monitoring pasar tradisional guna stabilisasi harga