El Nino menguat

id Antisipasi kekeringan, karhutla, bmkg,el nino

El Nino menguat

Pekerja menggunakan alat berat mengeruk tanah di Bendungan Cijoro, Lebak, Banten, Jumat (2/8/2019) ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/af/foc. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk melakukan langkah-langkah mengantisipasi kekeringan sebagai imbas meningkatnya indeks El Nino.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam diskusi daring di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa indeks El Nino sudah berada di angka 0,9 sehingga merambat dari lemah menuju moderat.

"Artinya apabila ini tidak diseriusi dalam antisipasi maka kekeringan dampaknya bahwa wilayah Indonesia akan kekurangan hujan itu akan menjadi nyata. Dan ini perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi," katanya.

Ia menjabarkan langkah yang pertama dengan menghemat air, karena saat ini wilayah-wilayah Indonesia masih ada yang menerima hujan. Dengan adanya wilayah yang menerima hujan, ada yang disimpan di waduk atau di embung untuk dikelola dengan baik.