Yuk wisata healing saat mudik Lebaran 2023 di Lampung

id Wisata, yuk wisata, lebaran, mudik, libur lebaran, libur, lampung,wisata lampung

Yuk wisata healing saat mudik Lebaran 2023 di Lampung

Yuk wisata healing saat mudik Lebaran 2023 di Lampung. ANTARA/HO

Ada banyak mutiara tersembunyi di kawasan hutan Lampung yang bisa wisatawan kunjungi.
Bandarlampung (ANTARA) - Rekreasi saat libur Lebaran sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat. Setelah bersilaturahmi dengan keluarga, memanfaatkan waktu luang untuk rekreasi.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah mengatakan, Lampung memiliki hutan yang indah dan bisa menenangkan pikiran.

"Ada banyak mutiara tersembunyi di kawasan hutan Lampung yang bisa wisatawan kunjungi. Sebagian destinasi wisata alam ini sudah dikelola oleh kelompok tani hutan atau pokdarwis. Dan sebagian sudah dikenal luas di kalangan wisatawan." kata Yanyan, di Bandarlampung, Selasa.

"Setelah berlebaran bersama keluarga, silakan berkunjung ke hutan di Lampung. Nikmati keindahannya, segarkan badan dan pikiran sebelum kembali ke perantauan dan kembali beraktivitas seperti biasanya," katanya pula.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi Lampung Bobby Irawan mengatakan, wisata healing kian diminati oleh wisatawan.

"Ini termasuk wisata kebugaran. Mata dimanjakan oleh keindahan alam, hati dan pikiran menjadi lebih segar," kata Bobby Irawan, Selasa.

"Bagi pemudik atau warga Lampung yang tidak mudik, ayo wisata healing di beberapa destinasi terdekat dari area kalian," ujarnya lagi.

Berikut ini beberapa tempat wisata healing di Lampung yang bisa Anda kunjungi.

Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam  berada di kaki Gunung Rajabasa di Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Masuk area kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Way Pisang, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.

Air terjun ini termasuk mudah diakses. Dari area parkir kendaraan, Anda tinggal berjalan kaki sedikit menuju lokasi air terjun.

Air Terjun Way Kalam memiliki ketinggian 30 meter. Sedangkan Air Terjun Way Kalam Anakan hanya setinggi 5 meter. Keduanya cukup indah dan unik karena dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang menenteramkan hati.

Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman

Tahura Wan Abdul Rachman masuk ke dalam wilayah administrasi Kecamatan Tanjungkarang Barat, Kota Bandarlampung; dan Kecamatan Kedondong, Gedong Tataan dan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Pemudik atau wisatawan pada umumnya bisa trekking ringan ke beberapa daya tarik Tahura Wan Abdul Rachman.

Seperti Taman Rusa di Sumber Agung, Kemiling, hutan kemiri dan Batu Lapis di Sumber Agung, Kemiling; Air Terjun Sinar Tiga di Desa Harapan Jaya, Way Ratai; beberapa air terjun di Desa Talang Mulya, Teluk Pandan, Pesawaran; Youth Camp di Desa Hurun, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran.

Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu berada di Desa Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. Berada di Kawasan Hutan Lindung Bukit Punggur Register 24. Salah satu mutiara tersembunyi di hutan di bawah pengelolaan KPH Bukit Punggur.

Air terjun setinggi 80 meter ini terlihat sangat megah dan menakjubkan. Yang menariknya, ada air terjun lain yang sama tingginya yang berjarak sekitar 200 meter.

Air terjun kedua menyuguhkan suasana rimbun dan menenangkan. Karena dikelilingi oleh pepohonan besar dan tinggi.

Termasuk mudah dijangkau oleh wisatawan biasa. Anda bisa memarkirkan kendaraan di Kampung Juku Batu, lalu melanjutkan perjalanan dengan ojek. Harga ojek Rp150 ribu pergi pulang.

Rafflesia Adventure Camp

Rafflesia Adventure Camp berada di Desa Sedayu, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus.

Yang menarik di tempat ini adalah adanya bunga Rafflesia arnoldii, bunga endemik Sumatera dan Kalimantan. Ada beberapa titik bunga rafflesia yang sudah didata oleh pokdarwis setempat.

Anda bisa wisata kebun kopi, trekking masuk hutan lindung, susur aliran air, dan melihat bunga rafflesia dari dekat.

Bukit Kendeng

Bukit Kendeng berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran. Masuk ke dalam wilayah kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pesawaran.

Baru dibuka pada pertengahan Juli 2021, tempat ini langsung menarik perhatian wisatawan. Yang menjadi daya tariknya adalah berada di ketinggian hampir 1.000 mdpl, dan panorama alam sekitar yang memukau.

Selain itu ada Air Terjun Ciupang di dekatnya. Sekali jalan bisa mendatangi dua destinasi sekaligus.

Yuk kita datangi dan nikmati sepuasnya keindahan alam yang tersebar di Provinsi Lampung itu.
Baca juga: Kabupaten Lampung Selatan miliki tujuh destinasi wisata unggulan
Baca juga: Mudik sekalian menikmati sensasi pantai di lintas timur Lampung