Itera gelar ujian seleksi khusus empat program studi baru

id Lmapung,Itera,Institut teknologi sumatera,Prodi Baru

Itera gelar ujian seleksi khusus empat program studi baru

Calaon mahasiswa baru sedang ikuti ujian khusus program studi (prodi) baru di Institut Teknologi Sumatera (Itera)). Bnadarlampung, Kamis, (21/7/2022). (ANTARA/HO-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyelenggarakan Ujian Seleksi Khusus (USK) berbasis komputer bagi empat program studi (prodi) baru di kampus tersebut.

"USK prodi baru Itera tahun ini diperuntukkan bagi empat prodi baru program sarjana (S1) Itera yakni Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu, Prodi Rekayasa Minyak dan Gas, Prodi Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, dan Prodi S1 Rekayasa Kosmetik," kata Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam keterangan yabg diterima di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, dibukanya seleksi khusus  tersebut merupakan komitmen Itera dalam membuka kesempatan agar calon mahasiswa dapat memilih prodi baru di kampus ini.

 "Sebagian dari prodi ini belum diikutsertakan dalam jalur seleksi reguler seperti SNMPTN, dan SBMPTN," kata dia.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Dr. Eko Satria, menambahkan dalam pelaksanaan USK Prodi Baru, peserta mengikuti ujian dengan soal yang telah disiapkan oleh tim dosen Itera. 

"Untuk materi tes mencakup dua bidang yaitu sains dengan materi matematika, fisika, kimia, dan biologi, serta bidang umum dengan materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan tes potensi akademik," kata dia.

Eko juga mengungkapkan, kuota jalur USK Prodi Baru, mengikuti kuota total penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Itera yakni 10 persen dari total 5.551 calon mahasiswa yang akan diterima  tahun ini, atau sekitar 541. Namun untuk kuota tersebut masih terbagi dalam beberapa jalur mandiri, seperti SMMPTN Barat, dan Seleksi Mandiri Prestasi Khusus. 

“Untuk kuota masih akan menggunakan alokasi kuota jalur mandiri Itera, hanya untuk kelulusan peserta seleksi khusus prodi baru, kami akan melihat nilai akhir peserta tes sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, agar seluruh peserta Seleksi Khusus Prodi Baru dapat terus mengikuti update informasi pengumuman dan tahapan yang harus diikuti peserta yang lolos di laman resmi pmb.itera.ac.id dan media sosial instagram pmb Itera. 

"Untuk pengumuman hasil seleksi khusus prodi baru dijadwalkan diumumkan pada Senin, 25 Juli 2022 melalui laman pmb.itera.ac.id," kata dia