Lampung kembangkan komoditas unggul lokal

id Komoditas lokal Lampung, varietas unggul lokal, pengembangan komoditas, pertanian lampung,Kesejahteraan rakyat

Lampung kembangkan komoditas unggul lokal

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi keterangan. Bandarlampung, Selasa (19/7/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan akan terus mengembangkan secara luas komoditas serta varietas unggul lokal di daerahnya.

"Lampung ini punya komoditas dan varietas unggul lokal seperti pisang muli, kopi, damar mata kucing, manggis saburai dan banyak lagi. Ini harus dijaga agar bisa dimanfaatkan untuk peningkatan potensi daerah," ujar Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Selasa.


Ia mengatakan, selain akan mendaftarkan komoditas dan varietas lokal tersebut agar memiliki hak kekayaan intelektual, langkah untuk mengembangkan komoditas tersebut pun akan dilakukan.

"Nanti kita sama-sama mengusulkan potensi yang ada dan dikembangkan secara luas tapi memang ini perlu waktu, upaya dan pengkajian yang lebih mendalam agar hasil maksimal," katanya.

Dia melanjutkan, dengan adanya pengembangan komoditas dan varietas unggul lokal tersebut diharapkan masyarakat bisa meningkatkan pendapatannya disana.

"Pengembangan lebih luas ini akan dilakukan tapi memang butuh proses. Yang utama ialah bagaimana masyarakat bisa meningkat pendapatannya dari komoditi itu," ucapnya.

Menurut dia, dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat melalui pengembangan varietas dan komoditas unggul lokal menjadi salah satu implementasi dari ekonomi kerakyatan.

"Ini dilakukan untuk kepentingan serta kemakmuran masyarakat, jadi memang harus berproses perlahan tapi memang yang terpenting untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengembangan komoditas," kata dia.