Program Langit Biru segera dijalankan di Bandarlampung

id program langit biru, kota bandarlampung, pertamina, wali kota bandarlampung

Program Langit Biru segera dijalankan di Bandarlampung

SPBU di Bandarlampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Program Langit Biru segera dijalankan di Kota Bandarlampung untuk mengendalikan pencemaran udara, terutama yang bersumber dari kendaraan.

"Langit yang biru dengan kualitas udara yang bersih merupakan keinginan setiap warga negara khususnya di daerah perkotaan," kata Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung,  Minggu.  

Karena itu,  lanjutnya,  Pertamina 
mengedukasi dan mengajak masyarakat merasakan pengalaman manfaat menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Ia menyebutkan implementasi dari Program Langit Biru di Kota Bandar Lampung ini yaitu dengan memberikan pengalaman baru bagi konsumen untuk menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90) dengan harga khusus setara harga Premium (RON 88) yaitu Rp6.450 per liter bagi konsumen kendaraan roda dua, roda tiga dan kendaraan umum plat kuning.

Pertalite seharga Premium pada Program Langit Biru ini direncanakan berlangsung selama 6 bulan dengan potongan harga akan dievaluasi setiap 2 bulan. Program ini rencananya akan dimulai pada 14 Maret 2021.

Saat ini, terdapat 27 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bandar Lampung yang siap mengikuti Program Langit Biru.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, itu mengungkapkan bahwa pelaksanaan PLB ini telah mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingsn terkait, antara lain pemerintah daerah, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pengusaha SPBU. Dukungan masyarakat pengguna BBM juga mutlak diperlukan.

"Kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM ramah lingkungan juga turut membantu suksesnya PLB ini. Masih saja ditemukan mobil mewah yang menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan," tambah Umar.

Peraturan Menteri KLHK No.20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4 (minimal RON 91), untuk itu Pertamina berkomitmen mendorong penggunaan BBM dengan Research Octan Number (RON) lebih tinggi. 

Selain meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang, penggunaan BBM dengan RON yang tinggi dapat meningkatkan kinerja mesin kendaraan dan tingkat polusi semakin rendah. 

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana siap melaksanakan Program Langit Biru ini untuk kualitas udara  dan lingkungan yang lebih baik dan bahkan akan turut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat.

"Semoga Pertamina bisa menyampaikan sampai kebawah hingga orang Lampung bisa memahami perubahan ini, mengingat konsumsi BBM di Bandar Lampung cukup tinggi," tutur Eva.

Bagi pelanggan setia Pertamina yang melakukan pembelian BBM Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex  dan Dexlite dengan menggunakan aplikasi MyPertamina, dapatkan promo sebesar Rp300 per liter tanpa batas maksimal periode 1 - 31 Maret 2021.

"Aplikasi MyPertamina dapat diunduh di Playstore maupun App Store," tutup Umar.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar