Dokter : Cegah stroke sejak dini dengan pola hidup sehat

id cegah stroke sejak dini,bahaya stroke,stroke serang kaum muda

Dokter : Cegah stroke sejak dini dengan pola hidup sehat

Edukasi pentingnya mencegah stroke dan bahaya stroke sejak dini dalam seminar nasional dan workshop kefarmasian, Bandarlampung, Sabtu 07/12/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular yang banyak di derita masyarakat, sehingga penting bagi masyarakat untuk mencegah penyakit stroke sejak dini dengan pola hidup sehat.

"Stroke merupakan penyakit yang cukup membahayakan, serta penyebab kecacatan nomor satu, sehingga kita perlu lebih peduli mencegah penyakit ini," ujar dr Ruth Mariva SpS dalam seminar nasional di Universitas Malahayati Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, penyakit stroke terbagi menjadi dua yaitu stroke sumbatan serta stroke pendarahan, sehingga stroke menjadi penyakit membahayakan karena dapat dialami siapa pun dari semua kalangan.

"Stroke merupakan penyakit membahayakan karena dapat terjadi di kondisi yang tidak terduga, sehingga perlu untuk mencegahnya sejak dini, dengan cara menjaga pola hidup sehat, mengobati faktor resiko," ujarnya.

Menurutnya, di era masa kini banyak orang yang menjalankan pola hidup instan, sehingga guna mencegah penyakit stroke perlu mengubah pola hidup sejak dini.

"Untuk mencegah penyakit stroke kita dapat melakukan beberapa upaya yaitu makan empat sehat lima sempurna, istirahat cukup, mengurangi stres dengan berpikir positif, dan berolah raga," ujarnya.

Menurutnya, lebih baik bila mencegah serta mengubah pola hidup menjadi lebih baik daripada mengobati. 

Baca juga: Kematian paling banyak disebabkan penyakit tidak menular