Kemenkominfo tantang milenial berinovasi di IFaS-Fest 2019

id Ifas fest 2019, kemkominfo, ciawi, kabupaten bogor, ismail

Kemenkominfo tantang milenial berinovasi di IFaS-Fest 2019

Innovations of Frequency and Standardization Festival (IFAS-Fest) 2019 di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort and Convention, Kamis (3/10/2019). ANTARA/M Fikri Setiawan

Melalui gelaran IFaS-Fest tahun kedua ini Kemenkominfo memberikan kesempatan pada anak-anak muda generasi milenial untuk melahirkan karya yang tidak biasa-biasa saja.
Ciawi, Bogor (ANTARA) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menantang kaum milenial berinovasi dalam "Innovations of Frequency and Standardization Festival (IFaS-Fest) 2019" di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort and Convention, Kamis.

Dirjen SDPPI Kemkominfo Ismail menyebutkan bahwa melalui gelaran IFaS-Fest tahun ke dua ini Kemkominfo memberikan kesempatan pada anak-anak muda untuk melahirkan karya yang tidak biasa-biasa saja.

"'Do something better', lakukan lebih dari itu, berhasil atau tidak, itu hal lain. Kita bangun kultur 'innovation beyond expectation'. Ini biasanya dari anak muda, beri kesempatan anak-anak muda menampilkannya. Saya yakin SDM kita ini the best, saya tidak pernah ragu," ujar Ismail.
Baca juga: Ratusan kaum milenial ikut aksi World Clean up Day 2019

Tahun lalu IFaS-Fest 2018 telah mengangkat tema Innovation Sharing, sebagai terobosan dalam mewadahi ide, inovasi dan kreativitas layanan publik. Maka, tahun ini temanya yaitu Go Branding, yaitu merupakan tahapan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bagaimana keragaman inovasi mampu memberikan solusi terbaik.


Hal tersebut tergambar dalam setiap sesi dalam IFaS-Fest 2019. Pertama, Go Branding Sharing Session yang menghadirkan beberapa pambicara, yaitu Erwin Parengkuan (Personal Branding and Social Media Communication), Capt Vincent Raditya (Pilot and Youtuber), Ario Pratomo (Creative Industry Players as Content Creator), serta Ditjen Pajak (Government Institution Branding).

Kedua, Appreciation Night, dimana pada malam harinya disampaikan pengumuman pemenang lomba dan saring inovasi bagi pemenang lomba SDPPI Idea.

SDPPI Creator bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pegawai Ditjen SDPPI dalam membranding institusinya melalui infografis, video dan foto, dengan tema lomba “Bekerja Untuk Negeri”.
Baca juga: Kaum milenial diajak kembali ke sawah melalui Festival Layang-layang Ngaran 2019

Kategori yang dilombakan Video Story, Photo Shoot, Kategori Photo Series, dan Infographic. Tercatat finalis dalam kategori ini berjumlah 20 orang.

Berikutnya SDPPI Idea, merupakan lomba inovasi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai Ditjen SDPPI untuk menyampaikan ide/karya inovasi, serta untuk mendapatkan model/usulan/ide/karya inovasi yang memberikan manfaat bagi SDPPI.

Sedangkan lomba SDPPI Idea terdiri dari dua kategori. Pertama, Group Project dengan tema pilihan tema branding issue, capacity building, dan substansi satuan kerja. Kategori ini akan memperlombakan proposal yang selanjutnya menjadi program kerja di Unit Kerja Ditjen SDPPI.

Kedua, My Simple Thought dengan pilihan tema inovasi pelayanan publik dan inovasi pelayanan perkantoran. Tercatat 10 finalis perorangan dan kelompok yang memperebutkan penghargaan SDPPI Idea.


Award lainnya yang dibagikan adalah SDPPI Choice Award, yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada unit kerja berprestasi dalam tertib administrasi. Kategori yang dilombakan UPT dengan administrasi terbaik, UPT dengan monitoring dan penertiban terbaik, UPT dengan pelayanan publik terbaik, dan UPT dengan best looking office.

Sejumlah penghargaan pun dibagikan. Berikut para peraih penghargaan dalam Appreciation Night:

A. Lomba SDPPI Creator

I. Kategori Photo Shoot
1. Edi Mulyadi; (Judul Karya) Fullday, (Unit Kerja) Ternate
2. Emanuel Fernandez; Kenalkan Frekuensi ke Generasi Z; Kupang
3. Andi Nurhikmah Ali; Senja di Batas Negeri; Merauke

II. Kategori Photo Series
1. Gusrian Antoni; Srikandi Penjaga Frekuensi; Padang
2. Bambang Widjanarko; Observasi di Ketinggian Bungo; UPT Jambi
3. Hatopan Panjaitan; Mobile Becak Monitoring (Selat Panjang_Kep. Meranti); UPT Pekanbaru

III. Kategori Infographic
1. Mukkti Rinaldy; Alur Penanganan Gangguan Frekuensi Radio; UPT Merauke
2. Ikbal Mawaldi; Spectraweb; UPT Pontianak
3. Budi Ramdhani; Tugas Sarpel Balmon; UPT Lampung

IV. Kategori Video Story
1. Herlin Kurnia Wulandari; Sang Penjaga; UPT Mataram
2. Sunardi; My Hero My Guardian; UPT Gorontalo
3. Nur Aswin Syah; Srikandi Pengendali Frekuensi; UPT Makassar

B. Lomba SDPPI Choice Award

I. Kategori Administrasi Terbaik: Juara 1 Balai Monitor (Balmon) SFR Kelas I Surabaya; Juara 2 Balmon SFR Kelas II Banjarmasin; Juara 3 Balmon SFR Kelas II Pontianak
II. Kategori Montib Terbaik: Juara 1 Balmon SFR Kelas I Makassar; Juara 2 Balmon SFR Kelas I Denpasar; Juara 3 Loka Monitor SFR Pangkal Pinang
III. Kategori Pelayanan Publik Terbaik: Juara 1 Balmon SFR Kelas I Semarang; Juara 2 Balmon SFR Kelas II Mataram; Juara 3 Balmon SFR Kelas II Lampung
IV. Ktegori Best Looking Office: Juara 1 Balmon SFR Kelas II Batam; Juara 2 Balmon SFR Kelas I Surabaya; Juara 3 Balmon SFR Kelas I Bandung

C. Lomba SDPPI Idea

I. Kategori Group Project
1. Ketut Adi Suryawan, Gede Eka Cahyadi, Gede Utama Laksana; Sistem Monitoring Pita Frekuensi Radio 5 GHz Memanfaatkan Stasiun Monitoring SMFR dan Perangkat Radio Wireless-LAN Acces Point; Balmon SFR Kelas I Denpasar
2. Oki Suryowahono, Eri Irawan; Penggunaan Big Data Analytic untuk Optimalisasi Spektrum Frekuensi Radio pada Layanan Seluler; Direktorat Penataan
3. Hamzah, Chairunisyah; Membangun Employee Engagement Melejitkan Kinerja Organisasi; Balmon SFR Kelas I Surabaya
II. Kategori My Simple Tought
1. Justian Nurdiansyah; SiRavi (Sistem informasi radio dan televisi) Inovasi Fleksibilitas Pengaksesan Data Frekuensi Radio dan Televisi Berbasis Aplikasi Android; Balmon SFR Kelas II Bandung
2. Muayyanah; Kendaraan MON–DF Women Friendly Untuk Penanganan Gangguan Frekuensi Radio di Kota Banjarmasin; Balmon SFR Kelas II Banjarmasin
3. Ahmad Saufi; Implementasi SiPantib (Aplikasi Basis Data Kegiatan Seksi Pemantauan dan Penertiban) sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Ditjen SDPPI; Balmon SFR Kelas I Pekanbaru.