Lampung disuplai benih kedelai dari Pandeglang

id benih kedelai, pandeglang suplai benih kedelai ke lampung, pandeglang, kedelai pandeglang

Lampung disuplai benih kedelai dari Pandeglang

Ilustrasi. Benih kedelai. (antara/istimewa)

 Pandeglang,  (Antaranews. Lampung) - Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, menyuplai benih kacang kedelai sebanyak 17,5 ton kepada para petani di Serang, dan Provinsi Lampung.

 Pengiriman benih kedelai sebanyak 17,5 ton tersebut secara simbolis dilepas oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan Danrem 064/MY Maulana Yusuf Kolonel Czi Budi Hariswanto  didampingi Dandim 0601 Pandeglang, Letkol Inf Fitriana Nur Heru Wibawa di Lapangan Makodim 0601 Pandeglang, Selasa.

  Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan patut bersyukur karena bisa memproduksi benih kedelai 17,5 ton untuk wilayah Serang dan Provinsi Lampung, ini menunjukan kejayaan para petani di daerah ini.

  "Semua berkat semangat para petani Pandeglang dan TNI yang terus menyemangati dan mendukung para petani, sehingga para petani lebih cerdas dalam mengembangkan sektor pertanian," katanya.

        Pemkab Pandeglang, kata Irna dipercaya oleh pemerintah pusat melalui kementerian pertanian untuk produksi kedelai. Dari 20 ribu hektare yang ditarget  untuk Provinsi Banten, seluas 17 ribu hektare diantaranya di Pandeglang.

        "Hal tersebut menandakan bahwa Kabupaten Pandeglang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian," katanya.

        Irna menambahkan, Pandeglang juga ditunjuk untuk bisa mengakomodasi tidak hanya mandiri benih untuk skala kabupaten saja, akan tetapi  juga  untuk memasok benih bagi kebutuhan petani Se-Indonesia.

        "Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pangan, hari ini kami suplai benih kedelai untuk Serang dan Lampung dan dalam waktu dekat juga kami akan suplai benih kedelai untuk tahap kedua ke daerah Lubuk Linggau, Provinsi Sumsel sebanyak 13 ton, dan permintaan pasokan benih kedelai dari Kabupaten Malang 140 ton,"  katanya.

         Irna menunjukan bahwa Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu sentra kedelai nusantara, karena itu diharapkan  para petani lebih sejahtera dan Kabupaten Pandeglang menjadi daerah yang mandiri benih bukan hanya saja kedelai, akan tetapi untuk komoditas pangan lainnya.

        Danrem 064/Maulana Yusuf, Kolonel CZI Budi Hariswanto mengatakan para petani sangat berpengaruh besar terhadap ketahanan pangan nasional, Oleh karena itu pihaknya terus memberikan pelatihan dan membantu para petani untuk bisa menjadi petani yang cerdas dan mandiri.

        "Hal itu terbukti, inilah hasilnya kita bisa mengirim benih kedelai untuk daerah Serang dan Lampung," Katanya.

        Ia berharap, kepada para petani untuk terus bersemangat dalam bertani.

         "Saya merasa bangga karena para petani Pandeglang dapat memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan, sehingga daerah ini menjadi lumbung pangan nasional," katanya.