Pemprov gulirkan program Lampung Mengajar

id heri suliyanto

Pemprov gulirkan program Lampung Mengajar

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Lampung Hery Suliyanto (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Pemerintah akan memepersiapkan anak didik kita agar mumpuni secara akademis juga memiliki moral dan budi pekerti yang baik,kata Heri.
Bandarlampung  (Antaranews Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung segera membuka program "Lampung Mengajar" pada tahun ini guna meningkatkan mutu pendidikan, terutama di perdesaan.

"Gubernur akan tetap melanjutkan sejumlah program unggulan dan prioritas bidang pendidikan pada tahun 2018. Ini semua dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan," kata Asisiten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung Heri Suliyanto di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa "Lampung Mengajar" adalah program Gubernur Ridho Ficardo untuk mencari para sarjana terbaik dari berbagai disiplin ilmu yang akan dididik dan dilatih secara intensif sehingga dinilai layak untuk melaksanakan tugas profesi sebagai guru.

Peserta Lampung Mengajar tersebut kemudian diperbantukan sebagai tenaga pengajar pada pendidikan dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah terpencil/tertinggal atau daerah yang secara topografi sulit untuk dijangkau.

"Program ini sudah berjalan dengan sukses sejak pertama kali dicanangkan pada tahun 2014. Pada tahun pertama peserta hanya 40 orang, kemudian pada tahun 2015 dan 2016 menjadi 100 orang, lalu pada tahun 2017 sebanyak 120 orang," ujarnya.

Selain Lampung Mengajar, beberapa program lain akan terus dilanjutkan, di antarannya peningkatan honor guru murni, pengembangan wawasan pendidikan menengah dan kejuruan, kegiatan peningkatan mutu pembelajaran SMA/SMK, lokakarya pembinaan Pramuka SMA/SMK, dan peningkatan kegiatan belajar mengajar SMA/SMK, serta pengembangan sekolah unggulan di kabupaten/kota jenjang Dikdasmen.

Di samping itu, ada program peningkatan mutu pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus (PKPLK) dan pengembangan layanan informasi teknologi publik pendidikan.

Menurut Heri Suliyanto, target pendidikan yang akan dicapai oleh pemprov setempat, bukan hanya mengedepankan nilai-nilai akademis yang tertinggi, melainkan lebih dari itu.

"Pemerintah akan memepersiapkan anak didik kita agar mumpuni secara akademis juga memiliki moral dan budi pekerti yang baik," kata Heri.

Dengan demikian, lanjut Heri, putra/putri Provinsi Lampung akan menjadi generasi muda yang cerdas, tangguh, berkarakter, memiliki daya saing, dan berakhlak mulia.

Pada akhirnya menjadi generasi penerus pemegang estafet pembangunan yang mampu bersaing secara global dilandasi dengan rasa nasionalisme yang menjadi ciri khas dan pedoman hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Heri juga menyampaikan pesan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Lampung agar melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Peran penting ASN yang bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing yang membangun sinergitas dengan semua pemangku kepentingan, menurut dia, akan menjadi kunci terwujudnya Lampung yang maju dan sejahtera.