240 Grup ikuti Festival kasidah Lampung

id heri suliyantl kasidah dan festivak, heri suliyanto

240 Grup ikuti Festival kasidah Lampung

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Lampung Hery Suliyanto, berfoto bersama usai membuka Kasidah Super Festival Provinsi Lampung, tahun 2018,di halaman Gedung Bayanihan, Asrama Haji Bandarlampung, Senin. (Foto: Humas Pemprov Lampung)

Kasidah ini juga merupakan refleksi dan ekspresi melalui aspek berupa tuntunan, dakwah, dan syiar agama yang terkandung di dalamnya
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Sebanyak 240 grup dari 15 kabuparen dan kota se-Lampung mengikuti lomba Kasidah Super Festival Provinsi Lampung, 9-13 April 2018.

"Kasidah merupakan seni budaya yang mampu menampung dan menumbuhkan daya cipta para seniman dalam memperkuat jati diri bangsa, dan meningkatkan apresiasi?dan kreativitas seni budaya bangsa bernuansa Islami," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Lampung Hery Suliyanto, di halaman Gedung Bayanihan, Asrama Haji Bandarlampung, Senin.

Pihaknya menyambut baik diselenggarakan festival kasidah ini sebagai wahana untuk memelihara nilai-nilai budaya dalam masyarakat yang bernapaskan Islam.

Menurutnya, kasidah ini juga merupakan refleksi dan ekspresi melalui aspek berupa tuntunan, dakwah, dan syiar agama yang terkandung di dalamnya.

Hery menyampaikan saat ini banyak dilaksanakan ajang perlombaan menyanyi melalui media televisi.

"Tidak sedikit pula dari mereka yang berhasil mewujudkan keinginannya untuk menjadi penyanyi terkenal. Namun dari sekian banyak penyanyi di negara ini, hanya beberapa orang yang berkeinginan untuk melestarikan lagu-lagu Islami," ujarnya.

Padahal, lanjutnya, lagu-lagu bernuansa Islami memiliki nilai sangat strategis dalam upaya untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai religius khususnya di kalangan anak-anak usia dini dan kalangan remaja serta masyarakat.

Menurut Hery secara umum target yang ingin dicapai dalam acara tersebut yakni pembinaan mental spiritual masyarakat menuju masyarakat yang maju, berdaya saing, dan berakhlakul karimah.

Selanjutnya, memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai budaya Islami serta rasa cinta terhadap?nilai-nilai bernuansakan Islam. Lalu, melestarikan seni budaya Islami yang terkikis oleh budaya luar?serta memperkenalkan pada generasi penerus mengenai keluhuran seni budaya Islam yang tumbuh sejak?berabad-abad silam.

"Acara ini juga sebagai membangun dan mempererat silaturahmi dalam bingkai ukuwah Islamiah di Provinsi Lampung," ujar Hery.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Seni Qasidah Indonesia (DPW-LASQI) Provinsi Lampung Aprilani Yustin Fircado mengatakan Kasidah Super Festival bertujuan membuka kesempatan seluas-

luasnya kepada para pegiat grup-grup kasidah yang ada di daerah ini.

"Ini kesempatan untuk mengekspresikan kreativitasnya, kesempatan untuk uji kemampuan dalam meraih prestasi terbaik, sambil mempererat jalinan silaturahmi," katanya pula.