Pemprov Lampung dorong percepatan pembangunan infrastruktur jalan

id kadis pupr, budhi darmawan

Pemprov Lampung dorong percepatan pembangunan infrastruktur jalan

Kadis PUPR Provinsi Lampung Budhi Darmawan, ST.MT (FOTO: Dinas PUPR Provinsi Lampung)

Terkait pelaksanaan pembangunannya untuk saat ini masih dalam persiapan untuk proses lelang, ujar Budhi
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Provinsi Lampung terus mendorong percepatan perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan yang tersebar di beberapa kabupaten agar tuntas pada 2018.

"Sebanyak enam ruas jalan akan ditangani hingga tuntas pada 2018," kata Kepala Dinas PUPR Pemerintah Provinsi Lampung, Budhi Darmawan, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan enam ruas jalan itu berada di lima kabupaten, yaitu ruas jalan Pringsewu-Pardasuka dengan panjang 18,797 kilometer, jalan Padang Cermin-Kedondong di Kabupaten Pesawaran dengan panjang penanganan 29,671 km, dan jalan Bangunrejo-Wates Lampung Tengah dengan panjang 22,212 km.

Selain itu, ruas jalan di Kabupaten Lampung Selatan yaitu Sp Korpri-Sukadamai dengan panjang 20,468 km dan ruas jalan di Kabupaten Mesuji Simpang Pematang-Brabasan dengan panjang 11,602 km, serta Brabasan-Wiralaga dengan panjang 29,443 km.

Dia mengatakan enam ruas jalan itu akan ditangani sampai tuntas mulai dari STA awal sampai STA akhir menjadi kondisi mantap seluruhnya.

"Terkait pelaksanaan pembangunannya untuk saat ini masih dalam persiapan untuk proses lelang," ujar dia.

Budhi menjelaskan keenam ruas jalan tersebut melintasi lima kabupaten yang saat ini lebar jalan masih substandar, yaitu 4,5 meter, dan nantinya menjadi lebar standar yaitu enam meter.

Ia mengatakan dari hasil pembahasan oleh tim perencanaan menunjukkan bahwa penanganan kerusakan jalan melihat pada hal teknis penyebab kerusakan jalan, antara lain kestabilan tanah dasar, kontur tanah, perbaikan alignment, dan sistem drainase.

Pembangunan jalan itu, kata dia, dengan kombinasi penanganan dengan perkerasan kaku (rigid pavement) dan perkerasan lentur (flexible pavement), antara lain overlay, rekonstruksi, dan raising.