Warga Suoh Dambakan Segera Perbaikan Jalan

id Warga Suoh Berharap Jalan Bagus, Pembangunan Jalan Suoh, Jalan Suoh Rusak, Jalan Suoh, Suoh

Warga Suoh Dambakan Segera Perbaikan Jalan

Kondisi jalan di Pekon Sumberagung, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat menunggu perbaikan agar lancar dilalui kendaraan. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

"Sekaranglah saatnya janji-janji untuk memperbaiki jalan di Suoh ini benar-benar diwujudkan, sehingga masyarakat kembali memiliki kepercayaan tinggi kepada aparat pemerintahan dan jajaran pemda di sini," katanya lagi.
Suoh, Lampung Barat (ANTARA Lampung) - Warga di Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, mendambakan pembangunan dan perbaikan jalan perkampungan agar bisa lancar dilalui kendaraan.

Suoh merupakan salah satu wilayah terpencil dan relatif terisolir akibat kondisi jalan yang rusak.

Salah satu warga Suoh, Triman, di Pekon (Desa) Sumber Agung, Kecamatan Suoh, Senin mengatakan selama puluhan tahun tinggal di daerah ini kondisi kerusakan jalan keluar masuk dari Sumber Agung ke wilayah kecamatan Suoh ke daerah lain relatif belum pernah tuntas dilakukan perbaikan.

Padahal menurutnya, bila kondisi jalan telah diperbaiki secara permanen akan sangat mendukung kelancaran transportasi penduduk dan mobilitas warga di daerah ini, terutama menopang kelancaran transportasi hasil bumi yang dihasilkan seperti padi, lada, dan kakao.

"Kalau jalan keluar masuk di sini bisa diperbaiki dan lancar dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, dipastikan tingkat kesejahteraan warga Suoh benar-benar akan terjamin," ujarnya pula.

Menurut dia, selama ini sebagian besar warga Sumber Agung maupun Suoh umumnya berkebun dan bertani, sehingga memiliki penghasilan memadai untuk keperluan hidup sehari-hari. Apabila didukung kondisi jalan yang baik, dipastikan transportasi hasil bumi warga di sini dapat lancar dikirim keluar daerah dengan nilai jual yang menguntungkan warga setempat.

Harapan tersebut dibenarkan sejumlah warga Suoh lainnya, termasuk kalangan perangkat desa setempat.

Joko Purnomo, Peratin (Kepala Pekon/Desa) Sumber Agung, Kecamatan Suoh membenarkan, warga setempat umumnya berharap jalan yang selama ini rusak dapat benar-benar diperbaiki secara tuntas dan permanen bukan sekadar tambal sulam agar kelancaran transportasi barang dan mobilitas warga menjadi lancar.

"Kami sudah mendapatkan informasi dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat bahwa perbaikan jalan di Suoh termasuk yang melewati Sumber Agung akan dilakukan dan dituntaskan dalam waktu dekat ini," kata Joko pula.

Dia memastikan, bila kondisi jalan di Suoh dan melewati Sumber Agung itu benar-benar bisa diperbaiki dan menjadi mulus akan meningkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan warga di daerah ini.

Salah satu perangkat Pekon Sumber Agung, Suoh, Ari Subiantoro berharap pula agar perbaikan jalan keluar masuk di Kecamatan Suoh yang melintasi Pekon Sumber Agung benar-benar diperbaiki hingga tuntas dan bukan lagi hanya janji-janji belaka.

"Sekaranglah saatnya janji-janji untuk memperbaiki jalan di Suoh ini benar-benar diwujudkan, sehingga masyarakat kembali memiliki kepercayaan tinggi kepada aparat pemerintahan dan jajaran pemda di sini," katanya lagi.

Pemkab Lampung Barat sendiri telah menyiapkan anggaran mencapai Rp20 miliar untuk percepatan pembangunan jalan Batubrak-Suoh pada tahun 2017 mendatang.

Kepala Dinas PU Lampung Barat Ansari menyatakan penanganan ruas jalan itu menjadi fokus pada tahun depan. Pihaknya perlu membahas dengan Pemprov Lampung untuk menentukan titik-titik yang akan ditangani pemkab setempat maupun Pemprov Lampung.

Dia menegaskan bahwa ruas jalan itu sebenarnya terus dibangun oleh Pemprov Lampung dengan total anggaran disediakan Rp10 miliar per tahun. Namun panjang ruas jalan yang harus ditangani masih puluhan kilometer belum tersentuh.

Diharapkan dengan dukungan dari Pemprov Lampung secara berkelanjutan dan ditopang pembiayaan dari Pemkab Lampung Barat pembangunan dan perbaikan jalan di Suoh itu akan tertangani dengan baik dan masyarakat dapat melintasi jalan-jalan setempat dengan lancar, aman, dan nyaman.