Kondisi Jalan Suoh ke Liwa Mulus

id Jalan Suoh Mulus

Kondisi Jalan Suoh ke Liwa Mulus

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo memberikan bantuan sarana kesehatan kepada warga, saat kunjungan ke Suoh, Lampung Barat, Rabu (24/1). (FOTO: ANTARA Lampung/ist))

Suoh, Lampung Barat (Antaranews Lampung) - Warga Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat menyampaikan terima kasih dan bersyukur kondisi jalan di sini sebelumnya rusak dan sulit dilalui kendaraan bermotor, kini telah diperbaiki dan mulus menembus sampai ke Liwa, ibu kota Kabupaten Lampung Barat.

Menurut Sunaryo (35), penduduk asli dari Dusun Kalibata, Desa Suka Marga, Kecamatan Suoh, Rabu (24/1), selama ini warga di sini selalu mengeluhkan masalah jalan, karena rusak parah.

Sebelum ada perbaikan, menurutnya lagi, masyarakat untuk menempuh perjalanan ke kabupaten saja belum tentu cukup waktu satu hari.

"Tetapi, sekarang Alhamdulillah akses jalan sedikit demi sedikit sudah diperbaiki dan lancar. Semoga ke depannya akan segera diperbaiki apa yang belum selesai. Terima kasih kepada Pemprov Lampung dan pak Gubernur Ridho Ficardo," ujarnya pula.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus membenarkan bahwa dulu sebelum ada perbaikan, perjalanan dari Suoh ke Liwa memakan waktu tiga jam lebih, tapi sekarang paling lama hanya satu jam.

"Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas dukungan pak Gubernur Ridho Ficardo yang telah memperbaiki jalan menuju Suoh, juga terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran pak Gubernur di sini. Masyarakat begitu rindu dengan kehadiran pak Gubernur yang telah banyak melakukan pembangunan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat Lampung Barat," ujarnya pula.

Jalan Suoh itu semula dibuka pada era Gubernur Poedjono Pranyoto, dan sudah lebih dari 20 tahun belum pernah diperbaiki. Namun sekarang sudah diperbaiki dan dapat dilalui dengan lancar.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Rabu (24/1) siang, sekaligus menjajal kondisi jalan yang telah diperbaiki tersebut.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di lapangan Kecamatan Suoh tersebut, Gubernur Ridho yang hadir didampingi Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, dan Raja Kepaksian Skala Brak Edward Syah Pernong disambut antusias oleh ribuan masyarakat yang hadir.

Atas keterlambatannya hadir dalam acara tersebut, Gubernur Ridho berseloroh, "Kalau menunggu kehadiran gubernur telat beberapa jam sih belum seberapa ya bapak dan ibu, jalan 20 tahun belum diperbaiki saja ditunggu kok."

Selain meninjau jalan dan beberapa tempat di Suoh, Gubernur Ridho juga memberikan bantuan di bidang kesehatan untuk masyarakat Suoh.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Ridho menyatakan bahwa perbaikan infrastruktur jalan tetap menjadi program prioritas Pemprov Lampung untuk memperbaiki seluruh infrastruktur yang ada.

"Tahun 2018 ini saya telah menganggarkan dana Rp20 miliar untuk perbaikan jalan dari Suoh ke Blok Sembilan, kemudian Rp7 miliar untuk perbaikan jalan dari Suoh ke Pekon Balak. Harapan saya perbaikan ini dapat membawa manfaat untuk masyarakat semuanya, mohon dijaga dan dipelihara," ujar Gubernur Ridho pula.

Suoh karena kondisi infrastruktur jalan sebelumnya tergolong parah, termasuk salah satu wilayah terisolir di Lampung. Wilayah ini termasuk yang sulit ditembus saat terjadi gempa di Lampung Barat dan sekitarnya pada Februari 1994 yang menewaskan ratusan orang. Bantuan ke Suoh saat itu harus ditembus menggunakan helikopter. (Rilis bb)