Ayo Daftar Komisi Yudisial....

id Pendaftaran Komisi Yudisial

Jakarta (ANTARA Lampung) - Panitia seleksi Komisioner Komisi Yudisial mulai membuka pendaftaran bagi calon komisoner lembaga itu mulai 29 April hingga 21 Mei 2015.

Ketua Panitia Seleksi Harkristuti Harkrisnowo dalam keterangan pers di Gedung Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Senin (6/4), mengatakan dari proses seleksi yang berlangsung hingga Juli mendatang diharapkan mampu menyaring calon komisioner yang memiliki kapasitas dan integritas.

"Kami harapkan mantan hakim, akademisi hukum dan berbagai pihak untuk bisa mendaftar menjadi Komisioner Komisi Yudisial," kata Harkristuti.

Proses seleksi akan berlangsung secara transparan termasuk sesi wawancara calon akan terbuka untuk umum dan dapat dihadiri oleh siapa saja yang memiliki perhatian terhadap Komisi Yudisial dan hukum.

"Harapan kami tidak berbeda dengan panitia seleksi masa lalu yaitu mengharapkan dapat memilih orang yang berintegritas, memiliki leadership dan mereka yang akan bekerja secara maksimal," ujarnya.

Panitia seleksi mengharapkan tujuh nama calon komisioner dapat diserahkan kepada Presiden Jokowi pada Agustus 2015 serta kemudian diserahkan ke DPR.

Panitia seleksi beranggotakan Prof Dr Yuliandri SH MH, Prof Dr Mustafa Abdullah SH, Asep Rahmat Fajar SH MA, Dr Maruarar Siahaan SH MH, Ahmad Fikri Assegaf SH LLM, Prof Topo Santoso SH MH PhD, dan Dr Cecep Setiawan MSi.

Syarat-syarat untuk menjadi Komisioner Komisi Yudisial antara lain berusia paling rendah 45 tahun dan maksimal 68 tahun, berijazah sarjana hukum atau relevan dengan pengalaman di bidang hukum minimal 15 tahun.

Calon juga tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana kejahatan serta melaporkan harta kekayaan.