Binatang Beruk Petik Buah Kelapa

id Binatang Beruk Petik Buah Kelapa, Binatang, Satwa, Langka, Kopra, Buah, Kebun, Pantai, Lampung Barat, Liwa, Krui

Binatang Beruk Petik Buah Kelapa

Lanjer, beruk (kera besar) milik Zamzani, sedang memetik kelapa di Marang, Pesisir Selatan, Lampung Barat, Lampung, Rabu (29/8/12). (Foto ANTARA/Gatot Arifianto).

Kemampuan beruk memetik buah kelapa kisaran 1.400 sampai dengan 1.500 butir per hari. Adapun upah atau jasa petik kelapa per butirnya Rp100."
Liwa (ANTARA LAMPUNG) - Sebagian masyarakat Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, masih meminati dan memanfaatkan jasa beruk (kera besar) sebagai pemetik kelapa sehubungan biayanya murah dan mampu mengambil ratusan butir per hari.

"Kemampuan beruk memetik buah kelapa kisaran 1.400 sampai dengan 1.500 butir per hari. Adapun upah atau jasa petik kelapa per butirnya Rp100," ujar warga Pekon (Desa) Marang  Kecamatan Pesisir Selatan, Zamzani, di Liwa, Lampung Barat yang berada sekitar 278 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Sabtu.

Karena itu, kata dia lagi, sebagian masyarakat di daerah itu masih menggunakan jasa beruk miliknya untuk memetik buah kelapa di kebun mereka.

Lanjer, ialah salah satu beruk milik Zamzani yang berusia enam tahun. Berbeda dengan manusia yang harus naik turun pohon untuk memetik buah kelapa. Lanjer cukup sekali naik pohon, dan selanjutnya berpindah ke pohon lain dengan melompat, menggunakan pelepah kelapa sebagai sarana.

"Untuk mendidik beruk bisa memetik kelapa harus dilakukan sejak kecil," kata Zamzani pula. (Bersambung/ANTARA).