Bandarlampung (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) ​bersama dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Lampung Timur memberikan pelatihan dan bantuan kepada nelayan di Margasari, Kabupaten Lampung timur, untuk mempermudah saat melakukan perbaikan kapal yang rusak seperti kemudi dan jangkar.

Bantuan yang diberikan untuk mempermudah dan efisien yang diberikan oleh PHE OSES bekerjasama dengan HNSI setempat ini berupa genset, mesin las listrik, bor tangan, dan gerinda tangan.

Salah satu nelayan Ujang Sugiyanto, di Lampung Timur, Sabtu, mengatakan, dengan adanya bantuan yang diberikan ini, kami nelayan yang ada di Margasari tidak perlu jauh-jauh untuk memperbaiki komponen kapal yang rusak. Cukup dengan menggunakan peralatan yang diberikan, nelayan sudah bisa memperbaikinya.

“Perbaikan kemudi atau jangkar yang rusak sering menjadi tantangan besar bagi para nelayan. Kami para nelayan harus bergantung pada bengkel yang jaraknya jauh atau menunggu tukang las yang datang, yang menyebabkan kapal tidak bisa digunakan selama beberapa hari. Namun, Dengan adanya mesin las listrik, para nelayan kini bisa langsung memperbaiki bagian-bagian logam yang patah atau rusak,” ujar Ujang.

Ia menjelaskan, bor dan gerinda tangan juga mempermudah dalam untuk memasang dan menyesuaikan komponen-komponen kapal secara mandiri.

“Sekarang, jika kemudi atau jangkar rusak, kami bisa langsung memperbaikinya sendiri, tidak perlu menunggu lama. Ini sangat membantu kami, terutama di tengah musim melaut,” katanya pula.

Head of Communication, Relations & CID PHE OSES Indra Darmawan menyatakan bantuan berupa 7 paket perlengkapan peralatan, yang terdiri dari genset, mesin las listrik, bor tangan, dan gerinda tangan merupakan bagian bantuan dari perusahaan dari komitmen perusahaan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat pesisir, khususnya nelayan.

Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan teknis para nelayan dalam untuk merawat serta dan memperbaiki sendiri kapal dan peralatan perangkat dan kapal mereka.

“Pemberian bantuan ini adalah wujud nyata komitmen kami untuk mendukung kesejahteraan nelayan dan memastikan mereka memiliki akses ke alat-alat yang diperlukan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Peralatan ini memungkinkan perbaikan yang lebih cepat, menghemat biaya operasional dan meningkatkan keandalan kapal nelayan saat melaut,” kata Indra.

Lebih lanjut, PHE OSES juga menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan untuk masyarakat lokal.

“Kami tidak hanya memberikan bantuan fisik, tetapi juga memberikan pelatihan agar nelayan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memaksimalkan penggunaan alat-alat ini. Kami percaya, melalui langkah ini, kami dapat berkontribusi pada peningkatan taraf hidup dan produktivitas para nelayan, di daerah ini,” katanya lagi.
Baca juga: Pokmaswas Desa Margasari bersama PHE OSES gelar pelatihan pengolahan sampah
Baca juga: Pertamina Hulu Energi OSES berikan lifevest kepada nelayan Lampung Timur


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024