BPBD Bandarlampung siapkan dua mobil tangki suplai air bersih ke warga

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,BPBD Baadarlampung

BPBD Bandarlampung siapkan dua mobil tangki suplai air bersih ke warga

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung Wakhidi saat dimintai keterangan, di Bandarlampung, Jumat (30/8/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung menyiapkan dua armada mobil tangki berukuran 5.000 liter guna menyuplai air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan.

"Sejauh ini kami telah menyiapkan dua mobil tangki guna menyalurkan bantuan air bersih ke warga yang terdampak kekeringan ataupun kesulitan air bersih," kata Kepala BPBD Bandarlampung Wakhidi, di Bandarlampung, Jumat.

Dia mengungkapkan bahwa hingga kini tercatat ada dua wilayah yang telah disalurkan air bersih oleh Pemkot Bandarlampung karena mengalami kekeringan yakni di Kecamatan Sukabumi dan Kedaton.
 
"Di Kedaton itu ada satu wilayah dan Sukabumi satu wilayah juga yang alami kekeringan. Tentunya kami selalu siap dan untuk antisipasi warga yang butuhkan air bersih, BPBD telah menyiagakan dua armada dengan 30 personel," kata dia.
 
Wakhidi pun menjelaskan bahwa setiap warga yang membutuhkan bantuan air bersih harus memintanya melalui pamong atau RT setempat yang kemudian ditindaklanjuti ke kelurahan ke BPBD Bandarlampung.
 
"Ya, permintaan bantuan air bersih harus melalui lurah yang disampaikan ke kami. Baru armada dan personel datang ke lokasi," kata dia.
 
Dia mengatakan bahwa bantuan air bersih tidak hanya diperuntukkan bagi daerah yang kerap mengalami kekeringan saat musim kemarau tiba, namun juga bagi warga yang mengalami masalah tiba-tiba soal air.
 
"Kemarin kami juga melakukan bantuan air bersih ke warga yang mengalami kerusakan pipa air PDAM. Jalurnya tetap harus lewat lurah baru air bersih disuplai," kata dia.