Ini tips listrik PLN tetap aman saat rayakan HUT Ke-79 RI

id pln uid lampung, hut ri, listrik aman, pln

Ini tips listrik PLN tetap aman saat rayakan HUT Ke-79 RI

Ini tips listrik PLN tetap aman saat rayakan HUT Ke-79 RI. ANTARA/HO

Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari risiko bahaya kelistrikan.
Bandarlampung (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung memberikan beberapa tips kepada masyarakat agar perayaan HUT RI ke 79 terasa nyaman dengan listrik PLN yang tetap aman.

Sugeng Widodo selaku General Manager PLN UID Lampung Sugeng Widodo dalam keterangannya di Bandarlampung, Kamis, mengatakan, masyarakat wajib mengetahui dan memahami beberapa tips listrik yang aman saat perayaan Hari Kemerdekaan Ke-79 RI.

Ia menjelaskan, beberapa tips tersebut, di antaranya menghindari pemasangan dekorasi yang berdekatan dengan jaringan listrik. Sebab menurut Sugeng, hal itu sangat membahayakan keselamatan masyarakat yang berada di dekatnya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari risiko bahaya kelistrikan. Masyarakat juga diminta untuk tidak memasang bendera, baliho, umbul-umbul, balon udara, penjor dan lampu hias yang jaraknya berdekatan dengan jaringan listrik. Itu sangat berpotensi menyebabkan gesekan atau kontak arus listrik yang berbahaya jika kita berada di dekatnya," ujar Sugeng.

Saat perayaan HUT RI tidak sedikit warga juga melakukan pemasangan tenda tarup sebagai keperluan mendirikan panggung hiburan tujuh belasan.

Menyikapi hal itu, Sugeng mengatakan bahwa bagi masyarakat yang mendirikan tenda tarup terutama yang berada di bawah jaringan listrik, agar kiranya masyarakat tetap waspada adanya potensi bahaya tersengat listrik.

"Bilamana masyarakat mengetahui ataupun melihat adanya potensi bahaya listrik, dapat segera melaporkan ke PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau Call Center PLN 123. Komitmen kami, petugas PLN akan segera merespons dengan cepat demi keselamatan kelistrikan di masyarakat," ujar Sugeng Widodo.

Sugeng menambahkan, apabila daya listrik di rumah tidak mencukupi untuk memasang aksesoris lampu hias, masyarakat diimbau untuk segera melakukan permohonan Tambah Daya listrik atau Penyambungan Sementara dengan memanfaatkan kemudahan PLN Mobile.

"PLN telah memberikan kemudahan dalam pelayanan, bagi masyarakat yang ingin melakukan permohonan penyambungan baru, tambah daya ataupun penyambungan sementara dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile," kata Sugeng Widodo.

Sugeng menambahkan, masyarakat diimbau menghindari penggunaan listrik dengan cara mencantol langsung dari tiang listrik secara ilegal.

Menurutnya, selain sangat membahayakan keselamatan jiwa, juga dapat menimbulkan  bahaya kebakaran akibat korsleting listrik. 

Demi kenyamanan pengguna kWh meter listrik prabayar, Sugeng juga mengingatkan agar pelanggan pengguna kWh meter prabayar untuk mengisi token listrik yang cukup jika masyarakat berencana memasang lampu hias yang tetap menyala selama perayaan.

Selain itu, bagi pelanggan pengguna listrik pascabayar disarankan untuk membayar tagihan listrik sebelum tanggal 20 agar kenyamanan selama perayaan HUT kemerdekaan tetap terjaga.

"Mari kita jaga bersama keamanan kelistrikan agar perayaan Hari Kemerdekaan terselenggara dengan aman dan nyaman tanpa mengurangi kemeriahannya. Jangan lupa selalu gunakan PLN Mobile untuk setiap urusan listrik," kata Sugeng Widodo.
Baca juga: PLN Lampung sebut pasokan listrik saat libur Idul Adha aman
Baca juga: PLN Lampung pastikan listrik aman untuk nonton semifinal Piala Asia