PLN Lampung sebut pasokan listrik saat libur Idul Adha aman

id pln, pln lampung, libur idul adha, pasokan listrik

PLN Lampung sebut pasokan listrik saat libur Idul Adha aman

Petugas tengah memperbaiki jaringan listrik 1445 Hijriah. ANTARA/HO

Bandarlampung (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung mengatakan pasokan listrik di daerah ini aman selama libur Idul Adha 1445 Hijriah.

General Manager PLN UID Lampung Sugeng Widodo dalam keterangannya, di Bandarlampung, Selasa, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan hingga menyiagakan ribuan petugas PLN untuk mengamankan pasokan listrik selama masa siaga Idul Adha 1445 H yang dimulai sejak 16 Juni hingga 18 Juni 2024.

Pihaknya juga telah menyiagakan 106 posko siaga, 1.059 petugas Yantek, 24 petugas Command Centre, 165 pegawai PLN dan 21 orang tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Sugeng memaparkan total Daya Mampu Pasok (DMP) di Subsistem Lampung saat ini sebesar 1.422,8 megawatt (MW), beban puncak diprediksi sebesar 1.115,5 MW, sehingga cadangan daya sebesar 267,3 MW.

"PLN saat ini siaga penuh untuk memastikan kondisi kelistrikan saat masa siaga Idul Adha 1445 H dalam kondisi aman, sehingga memberikan rasa nyaman dan tenang bagi seluruh masyarakat khususnya di Lampung," ujar Sugeng Widodo.

Selain itu, untuk memperkuat operasional, PLN UID Lampung juga menyiapkan 16 genset mobile, 2 unit Uniterruptible Power Supply (UPS), 30 unit gardu mobile, 4 unit crane mobile, 55 sepeda motor Unit Layanan Cepat (ULC) dan 111 mobil pelayanan teknik.

"Bagi masyarakat yang mengalami kendala kelistrikan, guna percepatan pelayanan, maka kami mengajak kepada masyarakat Lampung untuk memanfaatkan kemudahan layanan aplikasi PLN Mobile yang dapat diakses melalui smartphone dimana saja dan kapan saja selama 24 jam," ujar Sugeng.

Bagi pengguna mobil listrik, PLN UID Lampung juga menyiagakan 30 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 17 titik di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera dan 3 titik di Kota Bandarlampung.

"SPKLU yang disiagakan di Lampung sebanyak 20 titik dalam kondisi beroperasi normal, tentunya ini kami persiapkan guna mempermudah semua pengguna mobil listrik baik yang akan melintas Lampung ataupun yang akan berkunjung ke Provinsi Lampung," katanya pula.