Semua pelabuhan di Lampung telah siap hadapi mudik Lebaran 2024

id Jelang lebaran, kesiapan pelabuhan, pelabuhan lampung angkutan lebaran lampung, bptd lampung

Semua pelabuhan di Lampung telah siap hadapi mudik Lebaran 2024

Dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung menyatakan bahwa semua pelabuhan penyeberangan di Provinsi Lampung telah siap melayani arus mudik pada Lebaran 2024.
 
"Untuk pemeriksaan keamanan dan kenyamanan pelabuhan sudah disiapkan semua segala fasilitas yang ada," ujar Kepala BPTD Kelas II Lampung Bambang Siswoyo di Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan pemeriksaan tersebut untuk memastikan segala fasilitas di pelabuhan mampu melayani pemudik pada masa angkutan Lebaran 2024.
 
"Standar pelayanan minimal terkait dengan mempersiapkan pelayanan ke penumpang baik dari ruang tunggu, toilet, pemeriksaan tiket, ruang laktasi harus dipenuhi dan rata-rata di Pelabuhan Bakauheni sudah tersedia," katanya.
 
Pihaknya telah memeriksa kesiapan lainnya, seperti dermaga, area parkir, dan lajur memasuki kapal.
 
"Selain kesiapan yang ada di dalam ruangan serta dermaga, sudah diperiksa juga kemarin untuk kesiapan simulasi kendaraan saat keluar masuk kapal sehingga bisa meminimalisir bila terjadi penumpukan kendaraan," ucap dia.
 
Ia menjelaskan untuk Pelabuhan Panjang yang akan disiapkan sebagai alternatif penyeberangan bagi pemudik juga telah diperiksa.
 
"Karena sebenarnya Pelabuhan Panjang ini hanya diperbantukan, sebab untuk pelabuhan penyeberangan untuk masyarakat adalah Pelabuhan Bakauheni. Tetapi Pelindo sudah menyiapkan kebutuhan pelayanan juga di sana. Selain menyediakan area parkir, area tunggu juga telah disediakan toilet portabel serta loket tiket," ujarnya.
 
Dia mengharapkan dengan kesiapan semua pelabuhan penyeberangan di Provinsi Lampung dalam melayani pemudik pada masa angkutan Lebaran 2024 maka keamanan dan kenyamanan pemudik tetap terjaga.
 
"Yang menjadi perhatian saat periode mudik Lebaran adalah pelabuhan penyeberangan yang melayani pemudik, jadi dengan kesiapan ini harapannya kenyamanan dan keamanan pemudik tetap terjaga dengan baik untuk mendukung kelancaran arus mudik tahun ini," ucap dia.
 
Pada periode angkutan Lebaran 2024, pelabuhan yang akan melayani pemudik yakni rute penyeberangan Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Merak, serta Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif penyeberangan.