Peringati HUT, Pemprov Lampung gelar pengobatan hewan secara gratis

id HUT ke-60 Lampung, pelayanan kesehatan hewan, UPTD kesehatan hewan lampung, pengobatan hewan gratis, pengobatan hewan la

Peringati HUT, Pemprov Lampung gelar pengobatan hewan secara gratis

Pelaksanaan pengobatan hewan secara gratis di UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Laboratorium Pakan Provinsi Lampung dalam rangkaian HUT ke-60 Provinsi Lampung. Bandarlampung, Selasa 19/3/2024. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Kuota vaksinasi 50 ekor per hari dan yang sudah divaksin melebihi kuota sebenarnya dalam dua hari ini sudah 150 ekor, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar pengobatan dan vaksinasi secara gratis bagi hewan peliharaan dalam rangkaian memperingati HUT ke-60 Provinsi Lampung.
 
"Dalam rangkaian memperingati HUT ke-60 Provinsi Lampung telah dilakukan pengobatan serta vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan secara gratis yang dilaksanakan pada Senin (18/3) dan hari ini," ujar Kepala UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Laboratorium Pakan Provinsi Lampung Christin Septriansyah di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan pelayanan pengobatan dan vaksinasi bagi hewan peliharaan itu dilakukan dengan kuota bagi pelaksanaan vaksinasi rabies sebanyak 50 ekor per hari, dan untuk pengobatan hewan pun 50 ekor per hari.
 
"Untuk jumlah vaksin rabies yang disediakan ada 200 dosis. Kuota vaksinasi 50 ekor per hari dan yang sudah divaksin melebihi kuota sebenarnya dalam dua hari ini sudah 150 ekor. Sedangkan untuk pengobatan hewan sudah 100 ekor hingga saat ini," katanya.
 
Menurut dia, antusias masyarakat untuk menjaga kesehatan hewan peliharaannya saat ini telah meningkat, terlihat dari banyaknya masyarakat yang memanfaatkan layanan pengobatan dan vaksinasi hewan peliharaan secara gratis dalam dua hari ini.
 
"Layanan ini sejak kemarin memang ramai, meski pelayanan hanya dilakukan pada pukul 07:30-11:30 WIB dan dilanjutkan pada 13:00-14:30 WIB. Ternyata kuota yang disiapkan belum bisa sepenuhnya mengakomodasi kebutuhan pemeriksaan kesehatan hewan peliharaan masyarakat," ucap dia.
 
Ia menjelaskan bagi masyarakat yang belum berkesempatan melakukan pemeriksaan gratis bagi hewan peliharaannya pada dua hari ini, diharapkan bisa menggunakan layanan pemeriksaan hewan secara umum di esok hari.
 
"Tren memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan hewan peliharaan lain memang meningkat di tengah masyarakat, sehingga kebutuhan pemeriksaan kesehatan hewan pun meningkat. Jadi dengan adanya hal ini kami akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan hewan di Lampung agar kesehatan masyarakat terjaga," tambahnya.

Baca juga: Arinal: Di usia 60 tahun, Lampung terus lakukan perbaikan pembangunan daerah

Baca juga: Pemprov Lampung gelar operasi pasar di 10 titik jelang HKBN

Baca juga: Pemprov Lampung beri bantuan ke Satgas Penanggulangan Konflik Satwa