Dompet Dhuafa evakuasi penyintas banjir di Demak

id Dompet Dhuafa, Demak

Dompet Dhuafa evakuasi penyintas banjir di Demak

Dompet Dhuafa evakuasi penyintas banjir di Demak. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Upaya tim DMC Dompet Dhuafa saat ini melakukan evakuasi warga yang masih terjebak banjir di rumahnya, katanya
Demak (ANTARA) - Dompet Dhuafa Jawa Tengah dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mengrahkan personel untuk mengevakuasi warga terdampak banjir di Desa Ngemplik Wetan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada Jum’at (9/1/2024). 

Tim Dompet Dhuafa mengevakuasi warga terdampak untuk dikerahkan ke pos pengungsian, terutama lansia dan balita, yang masih terjebak banjir di dalam rumah masing-masing di Desa Ngemplik Wetan. 

Ketinggian banjir yang mencapai 1,5 meter lebih menyebabkan akses jalan terendam sehingga mengharuskan proses evakuasi dilakukan menggunakan perahu karet.  

Ada tujuh kecamatan terdampak banjir yang berdampak pada 16.389 KK, (dengan total) 63.465 jiwa terdampak. Data Pengungsian sementara 8.170 jiwa. 

"Upaya tim DMC Dompet Dhuafa saat ini melakukan evakuasi warga yang masih terjebak banjir di rumahnya. Dan memberikan layanan kebutuhan dasar berupa pos hangat,” lapor Maizar Helmi selaku staf Tanggap Darurat, Pemulihan dan Kerelawanan DMC Dompet Dhuafa.  

Pada Kamis (8/2/2024), tim Dompet Dhuafa telah mendirikan pos hangat yang bertempat di SD Negeri Undaan Kidul 01 di Desa Undaan Lor, Kecamatan Karanganyar guna pelayanan kebutuhan mendesak warga.  

“Rencana ke depan kita akan siapkan dapur umum dan makanan pendamping untuk warga di pengungsian di Undaan Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Dan masih melakukan penyisiran melakukan asesmen masyarakat terdampak yg butuh pertolongan,” lanjut Maizar Helmi.  

Diketahui, banjir melanda beberapa wilayah di Kabupaten Demak sejak Senin (5/2/2024) dengan wilayah terdampak meliputi 7 kecamatan dan 30 desa.  

Merujuk pada laporan BPBD Kabupaten Demak pada Kamis (08/02/2024), banjir yang terjadi berdampak kepada 16.389 KK dengan keseluruhan 63. 465 jiwa. Selain itu, kurang lebih 951 hektar lahan pertanian turut terendam banjir yang berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari warga.  

Hingga berita ini diliris, BPBD Kabupaten Demak melaporkan jumlah warga yang mengungsi mencapai 8. 170 jiwa.  

Melihat kondisi banjir yang masih menggenang saat ini, kebutuhan mendesak warga terdampak di antanya pendirian dapur umum, makanan cepat saji, tikar dan selimut, dan obat-obatan.  

Atas dasar itu, tim Dompet Dhuafa terus berupaya menyegerakan pendirian Dapur Umum untuk dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan mendesak penyintas. 

Selain itu, tim Dompet Dhuafa terus mengerahkan personelnya untuk menyisir beberapa wilayah yang masih tergenang dan melakukan asesmen kepada warga yang membutuhkan pertolongan cepat.  

Kawan Baik, mari kita haturkan doa untuk warga terdampak banjir Demak dan para relawan yang turun membantu agar senantiasa berada dalam perlindungan Allah SWT. Semoga banjir segera surut dan tidak meninggalkan duka apapun bagi warga dan para relawan. Karena Bumi Cuma Satu, Berdaya Sekarang!.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Kerjasama)