Dinkes Pesisir Barat imbau warga waspada DBD saat puncak musim hujan

id Pesisir Barat ,Dinkes ,DBD

Dinkes Pesisir Barat imbau warga waspada DBD saat puncak musim hujan

Ilustrasi- saat petugas sedang melakukan foging untuk memberantas sarang nyamuk pembawa DBD. (ANTARA/HO)

Pesisir Barat (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) saat puncak musim hujan.

"Kami terus mengimbau masyarakat untuk selalu waspada DBD, mengingat saat ini khususnya di Pesisir Barat cuaca msaih tidak beraturan, kadang malam masih sering hujan yang membuat selokan dan tempat-tempat yang lembab tergenang air, sehingga mempercepat pertumbuhan nyamuk," kata Plt Kepala Dinkes Pesisir Barat Suryadi, di Krui, Senin.

Guna mencegah dan mengantisipasi lonjakan kasus DBD, pihaknya akan menggencarkan Pemberantas Sarang Nyamuk (PSN) serta sosialisasi penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Untuk DBD upaya yang sudah dilakukan adalah PSN 3M plus yaitu pemberantasan sarang nyamuk serta G1R1J yaitu gerakan 1 rumah 1 pemantau jentik," katanya. 

Ia mengatakan penyebab utama keberadaan nyamuk penyebar DBD adalah hidup di lingkungan yang kurang bersih, sehingga penerapan PHBS sangat penting dilakukan, khususnya di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Untuk mencegah semakin banyaknya warga yang tertular DBD, pihaknya mengimbau dan mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan melalui 3M Plus yaitu menutup, menguras, dan mengubur, serta menerapkan PHBS.

"Untuk kasus terbanyak yang terlapor saat ini ada di Kecamatan Pesisir Tengah dan sudah kami lakukan fogging fokus pada titik yang terdapat kasus positifnya saja, dengan radius 100 meter depan belakang kiri kanan dari rumah yang terdapat jentik nyamuknya," ujar Suryadi.

Selain itu dia mengatakan untuk mencegah dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti masyarakat bisa melakukan pencegahan, seperti mengoleskan cairan anti nyamuk di beberapa bagian tubuh saat beraktivitas di dalam dan luar rumah maupun hendak tidur.

Apabila masyarakat ada yang mengalami panas, demam tanpa sebab yang jelas, kata dia, segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Untuk diketahui pada tahun 2023 pihak Dinkes Kabupaten Pesisir Barat menangani sebanyak 148 kasus DBD yang tersebar di 11 puskesmas.