BMKG minta nelayan waspada gelombang tinggi empat meter di Samudra Hindia

id Serang,Banten,Merak,BMKG,Selat Sunda,Samudra Hindia,Gelombang,Angin,Banjir,Cuaca,Lampung,Jawa,Jawa Barat

BMKG minta nelayan waspada gelombang tinggi empat meter di Samudra Hindia

Nelayan pesisir Perairan Samudera Hindia Selatan Banten saat menyandarkan perahu miliknya karena tinggi gelombang di perairan itu mencapai 4.0 meter. ANTARA/Mansur.

Kondisi cuaca buruk tersebut cukup membahayakan bagi nelayan tradisional yang menggunakan perahu kecil dan bisa menimbulkan kecelakaan laut
Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan nelayan tradisional agar meningkatkan kewaspadaan terhadap keselamatan menyusul tinggi gelombang perairan Samudra Hindia Selatan Banten yang mencapai 4.0 meter mulai berlaku hari ini.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana di Serang, Minggu,  mengatakan, nelayan tradisional di pesisir pantai perairan Samudera Hindia Selatan Banten kurang bersahabat dengan ketinggian gelombang antara 2,5 meter sampai 4,0 meter.
 
Kondisi cuaca buruk tersebut cukup membahayakan bagi nelayan tradisional yang menggunakan perahu kecil dan bisa menimbulkan kecelakaan laut.
 
Karena itu, pihaknya mengingatkan nelayan pesisir perairan Samudra Hindia Selatan Banten meliputi Pantai Sumur, Ujungkulon, Cikeusik, Binuangeun, Tanjung Panto, Suka Hujan, Cibobos, Cihara, Panggarangan, Bayah, Pulomanuk, dan Sawarna dapat meningkatkan kewaspadaan tinggi gelombang di perairan itu.

Selain itu juga nelayan di perairan selatan Banten dan Selat Sunda bagian Selatan tetap waspada dengan ketinggian gelombang 1,25 sampai 2,50 (sedang).

Sementara cuaca wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada siang hari dengan suhu udara rata-rata 24-34 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 55-95 persen.

Selain itu, kata dia, angin bergerak dari arah barat laut dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.
Penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung) relatif normal dan aman, karena tinggi gelombang Selat Sunda bagian utara mencapai 1,25 meter (rendah).