Studi kampus ke Itera, siswa MAN 1 Metro mengenal prodi hingga jalur masuk

id lampung, lamsel, lampung selatan, itera, kampus, perguruan tinggi, institut sumatera, sumatera, institut

Studi kampus ke Itera, siswa MAN 1 Metro mengenal prodi hingga jalur masuk

Studi kampus ke Itera, Siswa MAN 1 Metro mengenal prodi hingga jalur masuk. ANTARA/HO-Itera

Ini adalah kesempatan emas bagi calon-calon mahasiswa yang ingin berkontribusi mewujudkan masa depan yang lebih cerah.

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 76 siswa kelas XII dan guru pendamping dari Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Metro melakukan studi kampus ke Institut Teknologi Sumatera (Itera), beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut dalam rangka pengenalan pendidikan tinggi dan peluang siswa memasuki jenjang perkuliahan di Itera.

Rombongan MAN 1 Metro diterima oleh Koordinator Kesekretariatan, Humas dan HTL Rahmattullah Harianja, dan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Dr Abdul Rajak.

Dalam sambutannya, Koordinator Kesekretariatan, Humas dan HTL Itera Rahmattullah Harianja menyampaikan sebagai perguruan tinggi, Itera berupaya memenuhi kebutuhan global, dengan menyesuaikan perkembangan ilmu dan teknologi. Untuk itu, program studi yang ada di Itera juga menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Rahmatullah juga menyampaikan peluang para siswa terbaik MAN 1 Metro untuk diterima di Itera melalui berbagai jalur penerimaan, hingga menerangkan tentang penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) berkeadilan yang menyesuaikan dengan kemampuan orangtua mahasiswa.

“Ini adalah kesempatan emas bagi calon-calon mahasiswa yang ingin berkontribusi dalam mewujudkan masa depan yang lebih cerah, dengan memilih Itera sebagai kampus impian,” ujar Rahmatullah.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas MAN 1 Metro Gunawan Santoso MPdi mewakili Kepala MAN 1 Metro menyampaikan tujuan kunjungan MAN 1 Metro sesuai dengan program madrasah adalah agar para siswa bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

“Pendidikan itu penting untuk menghadapi masa depan yang tidak kita ketahui perkembangan zamannya akan seperti apa, paling tidak perlu dipersiapkan,” ujar Gunawan.

Sementara dalam sesi materi, Ketua PMB Itera Dr Abdul Rajak menyampaikan materi seputar jalur masuk, tahapan penerimaan mahasiswa baru, dan sejumlah beasiswa yang ditawarkan oleh Itera.

Dr Abdul Rajak menyampaikan secara umum tiga jalur masuk yang dibuka Itera setiap tahunnya, yaitu jalur reguler, jalur mandiri, dan jalur afirmasi.

Jalur reguler diselenggarakan oleh Kemdikbudristek terdapat dua seleksi, yakni seleksi SNBP dan seleksi SNBT yang kuota penerimaannya masing-masing jalur sebesar 40 persen.

Selain itu,  terdapat jalur mandiri yang diselenggarakan oleh kampus dengan empat jalur seleksi, yakni seleksi SMMPTN Barat, jalur prestasi khusus, jalur USMK, dan jalur SML dengan kuota penerimaan 20 persen. Para siswa juga mendapatkan penjelasan seputar jurusan dan program studi di Itera.

Dr Abdul Rajak mengakhiri presentasinya dengan mempersilakan para siswa dan guru MAN 1 Metro untuk melihat berbagai fasilitas kampus Itera.

Sebelumnya mereka juga dikenalkan dengan beberapa fasilitas, seperti Kebun Raya Itera, embung yang tersedia bagi umum untuk bersantai maupun berolahraga. Fasilitas lainnya yang disediakan oleh Itera, yaitu lima gedung asrama, bus umum untuk operasional mahasiswa, laboratorium, observatorium, perpustakaan, dan fasilitas lainnya. (Berita Kerja Sama)
Baca juga: Prodi Teknologi Pangan Itera adakan pelatihan produksi mi singkong
Baca juga: Itera Press raih penghargaan kategori produsen karya rekam dari Perpustakaan Nasional RI