Dompet Dhuafa Sosial Enterprise salurkan mobil ambulans bagi LKC Jawa Barat

id Dompet Dhuafa Sosial Enterprise, Mobil Ambulans, LKC Jawa Barat

Dompet Dhuafa Sosial Enterprise salurkan mobil ambulans bagi LKC Jawa Barat

Dompet Dhuafa Sosial Enterprise salurkan Mobil Ambulans bagi LKC Jawa Barat. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Jakarta (ANTARA) - Sebagai upaya membantu percepatan pelayanan gawat darurat dan kesiapsiagaan mengatasi masalah kesehatan masyarakat, Dompet Dhuafa Sosial Enterprise salurkan 1 unit ambulans kepada layanan kesehatan cuma-cuma Jawa Barat. Secara simbolis penyerahan ambulans ini berlangsung di Gedung Filantropi Dompet Dhuafa, pada hari Senin 28 Agustus 2023, kemarin.

 
Herdiansah selaku Direktur Dompet Dhuafa Social Enterprise berharap ambulans ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat terkait dengan akses fasilitas moda kesehatan.

“Ambulans ini amanah sekaligus jembatan kebaikan. Kami berharap dengan moda kesehatan ini mampu memacu pergerakan layanan kesehatan bagi masyarakat pra sejahtera jauh lebih baik", tutur Herdiansah.

Penyerahan ambulans kepada LKC Jawa Barat ini pun merupakan bentuk upaya menjawab banyaknya kebutuhan ajuan ambulans yang masuk dan berasal dari area Jawa Barat.
Dompet Dhuafa Sosial Enterprise salurkan Mobil Ambulans bagi LKC Jawa Barat. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.


Dr. Zainab Aqila selaku Plt Senior Officer Respon Darurat Kesehatan dan Layanan Kesehatan LKC Pusat menuturkan kebutuhan ambulans yang menjadi urgensi saat ini berada di wilayah LKC Papua dan LKC Jawa Barat. 

“Kita melihat dari banyaknya kebutuhan ajuan ambulans yang masuk dari layanan HED atau Hotline Emergency Dhuafa, dan saat ini memang yang banyak permintaannya ada di Papua dan Jawa Barat. Kemudian LKC dan Dompet Dhuafa Sosial Enterprise berkolaborasi dengan menyiapkan sebuah unit ambulans untuk Jawa Barat yang memang menjadi prioritas, melihat dari banyaknya ajuan ambulans yang kami terima,” jelas dr. Aqila. 

Kemudian Santi Yuniarti yang hadir sebagai perwakilan dari LKC Jabar mengungkapkan ambulans yang nantinya akan beroperasi untuk memenuhi kebutuhan di LKC Jabar ini merupakan amanah yang harus dikelola secara baik dan juga dioptimalkan sebaik mungkin.

“Tentu semua ini merupakan amanah yang diberikan kepada LKC Jabar, kami berterima kasih karena sudah diberikan ambulans. Semoga dengan tambahan sebuah unit ambulans ini kami bisa menjangkau lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Santi.


Dompet Dhuafa 

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. 

ADV/Berita kerja sama