Wahdi Siradjuddin nakhodai PKBI Cabang Metro

id Pkbi,pkbi metro

Wahdi Siradjuddin nakhodai PKBI Cabang Metro

Pelantikan Wahdi Siradjuddin menjadi Ketua PKBI Cabang Kota Metro, di Aula Pemkot Metro, Lampung, Rabu (26/7/2023). ANTARA/HO-PKBI

Pengurus PKBI Kota Metro terus membangun nilai-nilai kebersamaan, tampil berprestasi, berdaya saing dan berwawasan global.
Metro (ANTARA) - Wali Kota Metro dr H Wahdi Siradjuddin Sp OG resmi dilantik menjadi Ketua Pengurus Cabang Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Metro periode 2023-2027.

Pelantikan Wahdi sebagai nakhoda PKBI Metro tersebut dilakukan oleh Ketua Pengurus Daerah (PD) PKBI Lampung dr H Wirman M Kes, di Aula Pemkot Metro, Lampung, Rabu.

Susunan Pengurus PKBI Cabang Metro yang dilantik itu terdiri para birokrat, penggiat dan profesional serta para remaja yang siap menjalankan program kepengurusan ke depan.

Ketua Pengurus PKBI Lampung dr H Wirman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas inisiasi Pengurus PKBI Cabang Kota Metro ini. Para pengurus PKBI Metro ini diharapkan dapat mengabdikan dirinya kepada masyarakat untuk pemenuhan hak layanan dasar kesehatan dan hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR) yang lebih komprehensif dan inklusif.

"PKBI hadir di tengah masyarakat berdasarkan keprihatinan terhadap berbagai masalah kependudukan di era tahun 1950-an. Khususnya besarnya jumlah penduduk, tingkat pertambahan penduduk yang tinggi, dan penyebaran penduduk yang tidak merata, mendorong beberapa tokoh masyarakat dan ahli kesehatan untuk merintis gerakan Keluarga Berencana (KB) di Indonesia," kata dia usai pelantikan.

Dia menegaskan, PKBI Daerah Lampung hingga hari ini masih terus berupaya untuk melaksanakan Rencana Strategis (Renstra) 2021-2030 yang telah ditetapkan yang mana misinya, yaitu memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang bertanggung jawab.

Lalu, membangun gerakan remaja yang inklusif, memberikan pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi secara  komprehensif, profesional dan inklusif.

"Kemudian juga mempengaruhi dan menguatkan para pengambil kebijakan untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi HKSR. Misi berikutnya mengembangkan organisasi yang profesional untuk  mencapai kemandirian dan keberlanjutan," katanya lagi.

Wirman berpesan kepada Pengurus PKBI Cabang Kota Metro terus membangun nilai-nilai kebersamaan, tampil berprestasi, berdaya saing dan berwawasan global serta bekerja secara optimal dan tetap menjaga netralitas dan kemandiriannya sebagai organisasi masyarakat yang dicintai dan dibutuhkan oleh masyarakat di kota ini.

"Pada dasarnya, keberadaan PKBI Cabang Kota Metro harus dapat memberikan warna tersendiri bagi pemerintah daerah di sini, dan dapat dirasakan bagi masyarakat. Apalagi pimpinan dan pengurusnya merupakan bagian dari jajaran penting pemerintahan di Kota Metro ini," katanya pula.

Ketua Pengurus Cabang PKBI Metro Wahdi Siradjuddin mengatakan dirinya merupakan orang lama di PKBI, karena sebelumnya pernah menjadi Pengurus PKBI Metro di masa lalu, sehingga sudah tahu mengenai PKBI dan bagaimana kiprahnya. 

Wahdi juga menyatakan kesiapannya untuk berkomitmen dalam pembangunan kependudukan di Kota Metro dan penyebaran nilai-nilai positif PKBI terutama bidang HKSR.

"PKBI Cabang Metro akan langsung memulai kiprahnya, salah satunya dalam akselerasi penurunan angka kelahiran berisiko yang bisa dikolaborasikan dalam program Gemerlang (Generasi Emas Cemerlang) Menuju Indonesia Emas 2045," katanya lagi.

Remaja, kata dia lagi, juga menjadi fokus dalam program PKBI Cabang Metro, karena banyak remaja di Kota Metro yang harus diedukasi mengenai HKSR, sehingga menjadi peer leader dimulai dari peningkatan kapasitas dan memulai pembentukan youth forum yang ada di Kota Metro.

Selain pelantikan Pengurus Cabang PKBI Metro, dilaksanakan pula pelantikan Pengurus Genre Kota Metro dan pemberian penghargaan kepada lembaga pendidikan, instansi, perorangan, dan pelajar di Kota Metro.

Acara dilengkapi pula dengan seminar terkait kesehatan mental remaja dan permasalahan stunting, menghadirkan dua narasumber, yaitu psikolog klinis Junaidi S.Psi M.Psi dan dr. Wirman M.Kes.  
Baca juga: PKBI Bersyukur dan Menuntut Keadilan
Baca juga: PKBI lantik Direktur Eksekutif termuda di Indonesia