PKBI Lampung tetapkan kepengurusan baru hasil musda ke-11

id lampung, pkbi, pkbi lampung

PKBI Lampung tetapkan kepengurusan baru hasil musda ke-11

PKBI Lampung tetapkan kepengurusan baru hasil musda ke-11 yang dihadiri Wakil Ketua Pengurus Nasional PKBI dr. Soehariyanto Ary Soekadi, M.PsiT. ANTARA/HO-PKBI

Alhamdulillah, dengan dukungan berbagai pihak, kami telah berhasil melaksanakan musda dan memilih kepengurusan baru serta menyusun program kerja ke depan.

Bandarlampung (ANTARA) - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), salah satu LSM/NGO tertua di Indonesia yang menjadi pelopor Gerakan Keluarga Berencana (KB) dan cikal bakal berdirinya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), di daerah Lampung berhasil melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke-11 pada 24-25 Februari 2024 dan menetapkan kepengurusan baru periode 2024-2027.

Ketua Pengurus Daerah (PD) PKBI Lampung yang terpilih secara aklamasi dalam Musda ke-11 itu, Wirman, dalam penjelasannya, di Bandarlampung, Kamis, menyebutkan pelaksanaan musda berlangsung dengan khidmat dan lancar, dihadiri oleh Wakil Ketua II Pengurus Nasional PKBI Soeharijanto Ary Soekadi, Perwakilan Eksekutif PKBI Nasional, serta jajaran pengurus daerah dan cabang PKBI se-Lampung, stakeholder, dan mitra jaringan.

"Alhamdulillah, dengan dukungan berbagai pihak, kami telah berhasil melaksanakan musda dan memilih kepengurusan baru serta menyusun program kerja ke depan," ujar Wirman pula.

Musda PKBI yang dipusatkan di Aula PKBI Lampung di Bandarlampung kali ini diawali dengan penyelenggaraan Seminar Nasional yang bertajuk “Kolaborasi PKBI dan BKKBN dalam Pencegahan Stunting demi Indonesia Emas 2045” dengan menghadirkan tiga pemateri, yaitu Kepala BKKBN RI Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), dr. Soehariyanto Ary Soekadi, M.PsiT dari PKBI Nasional, dan Eka Yulista Dewi, ST, MT dari Bappeda Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Ketua Pengurus Nasional PKBI yang diwakili oleh Wakil Ketua II dr. Soeharijanto Ary Soekadi, M.PsiT menyampaikan bahwa berdasarkan hasil Munas PKBI tahun 2023 di Bali, telah menyepakati perubahan penyelenggaraan pemilihan pengurus di berbagai tingkatan PKBI dimulai dari nasional, daerah hingga cabang tidak lagi menggunakan sistem formatur, tetapi seluruh pengurus dipilih secara langsung oleh peserta yang memiliki hak pilih.

Dalam sambutannya, dr Ary juga menyampaikan PKBI sebagai salah satu NGO tertua di Indonesia dalam perkembangannya sudah menjadi bagian dari sejarah Indonesia.

Dalam lima tahun terakhir, PKBI Daerah Lampung dalam kiprahnya terus memperjuangkan hak kesehatan seksual dan reproduksi (kespro) guna mencapai visi "Mewujudkan Keluarga dan Masyarakat Indonesia yang Bertanggung Jawab dan Inklusif". PKBI Lampung telah banyak melahirkan relawan-relawan yang profesional dan inovatif yang memiliki kepedulian terkait HKSR itu, katanya.

Musda PKBI Lampung sebagai forum tertinggi di tingkat daerah yang dihadiri oleh pengurus cabang PKBI se-Lampung (Cabang Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Barat, Metro, dan Tulangbawang) beserta perwakilan forum remaja PKBI Lampung berwenang untuk mengesahkan laporan pertanggung jawaban pengurus derah periode sebelumnya (2018-2023), melaksanakan pemilihan pengurus daerah baru selanjutnya untuk periode tiga tahun ke depan (bukan lagi lima tahun), dan menetapkan rencana strategis (renstra) serta kebijakan organisasi.

Pada akhir gelaran Musda XI PKBI Lampung berhasil terpilih Pengurus Daerah PKBI Lampung masa bakti 2024-2027, yaitu:

Ketua: dr. H. Wirman, M.Kes

Sekretaris: Ir. Budisantoso Budiman

Wakil Sekretaris I: Dr. Wayan Aryawati, SKM, M.Kes

Wakil Sekretaris II: Muhammad Rendi

Bendahara: Elisabeth Sri Puryanti, M.Pd

Wakil Bendahara: Putri Charlly

Wakil Ketua 1 (Bidang Hukum & Kebijakan Publik): Yessa Febriana, SH

Wakil Ketua 2 (Bidang Bidang Program Strategis: Medik, Psikososial, dan Humanitarian): Yulianto, SKM., M.Kes

Wakil Ketua 3 (Bidang Pelatihan, Komunikasi, dan Manajemen Risiko): Ir. Herdi Mansyah, A.I.B

Wakil Ketua 4 (Bidang Remaja dan Organisasi): Wahyu Nur Abadi

Wakil Ketua 5 (Bidang Mobilisasi dan Sumberdaya Organisasi): Ns. Titi Astuti, M.Kep, Sp.Mat.

Ketua Pengurus Daerah PKBI Lampung, dr. H. Wirman, M.Kes menyatakan siap memimpin PKBI Lampung ke depan untuk terus berkiprah di tengah masyarakat, menjadi bagian dari solusi sejumlah permasalahan kependudukan, KB, kesehatan khususnya kespro bagi remaja dan kelompok masyarakat lainnya termasuk populasi kunci.

Selain juga aktif dalam penanganan stunting, problematika remaja dan generasi muda terkini, penanggulangan HIV/AIDS dan penguatan perencanaan keluarga, pencegahan pernikahan dini, penanggulangan penyalahgunaan narkoba, dan memperkuat ketahanan keluarga serta beragam aspek yang menjadi mandat dan kepedulian PKBI di Lampung.

Dalam kepengurusan PKBI Lampung yang baru ini, dr Wirman bersama jajaran pengurus juga mengajak dan menggandeng sejumlah personel berpengalaman dari kalangan akademisi, praktisi/profesional, NGO, kalangan medis, dan tokoh masyarakat untuk bergabung dalam Komisi Ahli PKBI Lampung yang dibentuk khusus untuk mendukung pencapaian program kerja pengurus baru PKBI Lampung ke depan.
Baca juga: PKBI lantik Direktur Eksekutif termuda di Indonesia
Baca juga: Rutgers Indonesia dan PKBI Lampung luncurkan hasil penelitian kesehatan reproduksi remaja