Gubernur Sumsel terima satyalencana di Harganas 2023

id harganas 2023, banyuasin sumsel,satyalencana pembangunan

Gubernur Sumsel terima satyalencana di Harganas 2023

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menerima Satyalencana Pembangunan yang disematkan oleh Wapres RI KH Ma'ruf Amin pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 di Tanjung Balai Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumsel, Kamis (6/7/2023). (ANTARA/HO/Ytb-BKKBN/Syarif Abdullah)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menerima Satyalencana Pembangunan yang disematkan Wapres RI KH Ma'ruf Amin pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 di Tanjung Balai Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumsel, Kamis (6/7/2023).

Selain Gubernur Sumsel, dua gubernur lainnya yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menerima Satyalencana Wira Karya.

Sejumlah bupati dan walikota di Sumatera Selatan menerima penghargaan Satyalencana Wira Karya antara lain Bupati Banyuasin, Ogan Komering Ulu, Wali Kota Palembang, Wali Kota Prabumulih dan lainnya. Total ada sejumlah 32 tokoh penggerak PKK daerah juga mendapat pin Saryalencana Wira Karya yang juga langsung disematkan oleh Wapres.

Satyalencana Pembangunan adalah tanda kehormatan yang diberikan Presiden Republik Indonesia kepada warga negara Indonesia yang berjasa besar dalam lapangan pembangunan negara secara umum maupun pada bidang tertentu. Sementara, Satyalencana Wira Karya diberikan Presiden kepada setiap warga negara Indonesia, yang telah memberikan darma baktinya yang besar kepada negara hingga dapat dijadikan tauladan bagi orang lain.

Pada kesempatan itu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemprov Sumsel dan Kabupaten Banyuasin untuk menjadi tuan rumah Harganas ke-30 tahun 2023.

"Kami sangat apresiasi, dan Alhamdulillah dapat terselenggara dengan baik dan dihadiri oleh kontingen dari seluruh provinsi di Indonesia dan kabupaten-kota," kata Herman Deru.

Menurut Gubernur, pelaksanaan Harganas ke-30 tahun 2023 di Banyuasin berandil meningkatkan perputaran ekonomi dengan kehadiran ribuan peserta perwakilan dari provinsi se-Indonesia serta kabupaten-kota.

Perputaran uang juga cukup signifikan dengan belanja yang dilakukan para peserta dari luar daerah di ajang Banyuasin Expo 2023 atau di tempat lainnya. Selain itu berimbas para tingkat okupansi dan kunjungan hotel di Kota Palembang dan Banyuasin yang luar biasa.

"Betapa dampak Harganas 2023 ini luar biasa, selain tujuan kita untuk gerak bersama mengentaskan masalah keluarga, terutama stunting, juga perputaran ekonomi tidak sedikit. Hotel-hotel di Palembang dan Banyuasin okupansinya meningkat dalam sepekan ini, itu luar biasa," kata Gubernur Deru.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada para pejabat dan peserta yang hadir pada kegiatan itu, sehingga membuat ajang itu menjadi luar biasa dan berlangsung cukup sukses.

Sementara itu suasana di kawasan Lapangan Kompleks Pemkab Banyuasin pada Kamis (6/7/2023) benar-benar sibuk. Selain menghadiri puncak Harganas yang dihadiri oleh Wapres, juga aktivitas ekonomi Banyuasin Expo yang menampilkan produk UMKM unggulan binaan BKKBN dari semua provinsi yang hadir cukup tinggi.

Hal sama juga gerai mitra UMKM yang ikut memeriahkan kegiatan Harganas 2023 itu juga cukup sibuk melakukan transaksi dengan para pengunjung yang datang dari semua penjuru nusantara.

"Alhamdulillah, kita saling informasikan potensi produk. Sebenarnya bukan hanya menjual di sini, yang terpenting kami menambah jejaring pasar ke depannya," kata Ny Farida, pelaku UKM asal Lampung.

Akhirnya kegiatan Banyuasin Expo yang telah bergulir sejak 4 Juli 2023 itu, ditutup pada Kamis (6/7/2023) sekaligus menjadi puncak transaksi bagi mereka sebelum mengakhiri aktivitasnya di ajang Harganas 2023.