Itera resmi luncurkan agenda Dies Natalis ke-9

id lampung, kampus, perguruan tinggi, universitas

Itera resmi luncurkan agenda Dies Natalis ke-9

Itera resmi luncurkan agenda Dies Natalis ke-9 (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi meluncurkan agenda Dies Natalis ke-9 bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada, Senin, (5/6),  sekaligus juga turut dirayakan peringatan satu tahun Kebun Raya Itera.

Kegiatan yang dipusatkan di Kebun Raya Itera diisi dengan agenda penanaman pohon, dan kegiatan penyiraman pupuk organik yang dihasilkan dari pusat pengelolaan sampah terpadu Integrated Waste Agriculture Center Itera (IWACI).

Dalam sambutannya, Rektor Itera Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, kembali menyampaikan komitmen Itera sebagai kampus berkelanjutan yang akan terus menjaga planet Bumi untuk generasi masa depan.

Komitmen tersebut tercermin dari berbagai aksi yang sudah dilakukan Itera baik dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta dalam tata kelola kampus. 

Beberapa aksi tersebut seperti menjalankan konservasi folora Sumatera di Kebun Raya Itera yang saat ini dikelola UPT Konservasi Flora Sumatera, membangun beberapa pusat seperti Pusat SDGs sebagai pendampingan setiap kegiatan untuk mewujudkan kelestarian alam yang berkesinambungan di Itera, merintis pusat pengelolaan sampah terpadu IWACI, hingga memasukkan kegiatan tanam pohon dalam kurikulum pendidikan dalam mata kuliah Lingkungan Hidup Sumatera.

“Sebagai simbol, kami telah memiliki pusat pengelolaan sampah terpadu IWACI sebagai komitmen mengelola sampah yang selama ini menjadi masalah lingkungan menjadi produk bermanfaat. Dengan pengelolaan yang baik, kita buktikan bahwa sampah dapat kita kembalikan ke perut bumi tanpa menjadi emisi gas rumah kaca, dan bermanfaat bagi alam semesta,” ujar Rektor.

Rektor berharap, upaya yang dilakukan Itera dalam menjaga planet Bumi dapat menginspirasi kampus-kampus lain untuk melakukan hal yang sama.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta juga berkesempatan bersama-sama memupuk tumbuhan di sekitar Kebun Raya Itera, dan beberapa titik di kampus menggunakan produk pupuk cair perdana dari IWACI. Hingga saat ini, IWACI telah mampu memproduksi sekitar 7,5 ton pupuk cair yang digunakan untuk pemupukan tanaman konservasi di Kebun Raya Itera.

Kegiatan tersebut selain diikuti jajaran pimpinan juga melibatkan perwakilan mahasiswa, serta pelajar SMA yang ikut menyemarakkan rangkaian Dies Natalis Itera, dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, melalui kegiatan perlombaan yang diadakan Pusat SDGs Itera.