Prabowo bagikan 153 motor trail operasional babinsa di Pacitan

id Kunjungan prabowo ke Pacitan, prabowo-SBY, Menhan prabowo

Prabowo bagikan 153 motor trail operasional babinsa di Pacitan

Menhan Prabowo Subiakto disambut meriah ratusan warga dan personel babinsa di Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (20/5/2023). ANTARA/HO

Pacitan (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subiakto membagikan 153 unit motor trail untuk operasional prajurit babinsa serta seratusan paket sembako untuk warga prasejahtera saat berkunjung ke Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu.

Seremoni pembagian dilakukan di kantor Koramil Kota Pacitan.

Prabowo yang datang mengenakan setelan pakaian warna krem cerah lengkap dengan topi lapangan mendapat sambutan hangat warga Pacitan.

Demikian halnya dengan para babinsa yang terlihat gembira saat menerima motor trail operasional dari mantan Danjen Kopassus tersebut.

"Saya ke sini ditugaskan Pak Presiden Jokowi untuk mengecek kesiapan TNI, dan saya memilih mengecek ujung tombak. Ujung tombak adalah babinsa dan koramil," kata Prabowo saat dikonfirmasi awak media di Pacitan.

Hal itu terutama terkait dengan peran bintara pembina desa (babinsa).

"Saya memilih untuk mengecek ujung tombak kita. Ujung tombak kita adalah babinsa dan koramil," ujarnya.

Menhan pun membeberkan sistem pertahanan yang dianut Indonesia, yakni sistem pertahanan rakyat semesta. Sistem ini menjadi landasan bagi kemanunggalan TNI dengan rakyat sangat diperlukan.

Dalam rangka memperkuat pertahanan Indonesia, lanjut Prabowo, sebagai Menhan terus memperkuat komando teritorial. Hal tersebut merupakan tulang punggung pertahanan.

Ia berterima kasih atas jerih payah seluruh jajaran TNI.

"Terima kasih. Saya cek semangat para babinsa bagus. Hal ini agar dipertahankan. Koramil juga cukup baik. Terima kasih Pak Bupati, pasti ada dukungan pemerintah daerah maupun Polri," kata Prabowo didampingi Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Niko Fahrizal.

Tidak itu saja, bantuan lain yang diberikan berupa sembako khusus diperuntukkan warga kurang mampu.

Rangkain kegiatan berikutnya adalah kunjungan ke Museum dan Galeri Seni SBY-Ani. Di gedung yang terletak di Jalan Raya Lintas Selatan itu Prabowo dijadwalkan bertemu SBY.

Prabowo tiba di kompleks museum pada pukul 10.00 WIB. Acara berlangsung tertutup.

Usai penyerahan motor trail operasional babinsa dan membagikan seratusan paket sembako, Menhan Prabowo melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya bersilaturahmi dengan jajaran TNI/Polri, legiun veteran, FKPPI, serta mampir beranjangsana ke museum dan Galeri Seni SBY-Ani.

Di museum yang menyerupai Gedung Putih di Amerika Serikat itu, Prabowo bertemu dan berbincang dengan seniornya yang juga presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhan Prabowo bagikan 153 motor trail operasional babinsa di Pacitan