RS Abdul Moeloek Lampung segera operasi bedah kembar siam

id RSUDAM lampung, operasi bedah Lampung, operasi bedah kembar siam

RS Abdul Moeloek Lampung segera operasi bedah kembar siam

Direktur RSUDAM dr Lukman Pura saat memberi keterangan. Bandarlampung, Kamis (19/1/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Rencana operasi pembedahan untuk memisahkan pasien kembar siam akan dilakukan pada 4 Februari 2023 mendatang, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Pihak Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung segera melakukan operasi bedah kembar siam dalam waktu dekat.

"Tanpa mendahului tim klinis tadi sudah dipaparkan sedikit proposal kepada Sekretaris Daerah atas saran Wakil Direktur RSUDAM terkait rencana operasi bedah kembar siam," ujar Direktur RSUDAM dr Lukman Pura, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan pelaksanaan operasi bedah kembar siam rencananya akan dilakukan pada 4 Februari 2023.

"Rencana operasi pembedahan untuk memisahkan pasien kembar siam akan dilakukan pada 4 Februari 2023 mendatang," katanya.

Ia menjelaskan semua persiapan untuk pelaksanaan operasi bedah kembar siam tersebut telah dilakukan oleh tim dokter.

"Jadi saat 4 Februari mendatang kedua anak pasien kembar siam tersebut telah genap berusia satu tahun, dan nanti akan ada pemeriksaan terkait kesiapan organ," ucapnya.

Ia melanjutkan menjelang pelaksanaan operasi bedah kembar siam tersebut akan terus dilakukan observasi kepada kedua pasien.

"Banyak faktor yang akan diperhitungkan untuk menunjang keberhasilan operasi tersebut dan akan terus dilakukan observasi. Semoga dengan doa dan kerja keras kita, operasi bisa berjalan lancar serta menjadi hadiah bagi Provinsi Lampung," ujar Lukman.

Diketahui sebelum pelaksanaan operasi kembar siam, pada 2022 lalu RSUDAM telah berhasil melakukan operasi bedah jantung terbuka sebagai salah satu peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan telah ditetapkan pula sebagai salah satu rumah sakit dari 54 rumah sakit di Indonesia sebagai rumah sakit jejaring rujukan kardiovaskular.