Membuat film gunakan kamera smartphone lebih hemat

id kamera,oppo,mira lesmana

Membuat film gunakan kamera smartphone lebih hemat

Para pemain dan produser film "Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu" berfoto bersama usaia jumpa wartawan di Plaza Indonesia pada Rabu (05/10/2022). (ANTARA/Chairul Rohman)

Jakarta (ANTARA) - Membuat film dengan menggunakan kamera smartphone bisa memangkas biaya produksi dan lebih hemat karena jika menggunakan peralatan produksi pada umumnya (konvensional) ongkosnya bisa 2 hingga 3 kali lipatnya, kata produser film Mira Lesmana.

Produser film "Kau, Rabu, dan Perkara-Perkara Sepintas Lalu" Mira Lesmana mengatakan bahwa dengan alat yang simple dan mudah dijangkau tentu akan memberikan catatan biaya yang ramah dengan kantong.

"Dengan menggunakan kamera smartphone ini bisa memangkas biaya," ungkap Mira Lesmana di Jakarta, Rabu. Hal itu karena kru yang dibutuhkan tidak banyak demikian juga alat produksinya yang lebih murah.

Oppo Find X5 Pro 5G, misalnya, dinilai cukup memadai untuk dimanfaatkan oleh para sineas muda tanah air untuk memproduksi sebuah film.

"Dengan begitu, kita juga akan bisa lebih fokus dengan penggarapan film dan cerita," tutur dia.

Sutradara Riri Reza baru-baru ini juga berkolaborasi dengan Miles Film dan Oppo memproduksi film yang mengisahkan seorang penulis yang dimainkan oleh Nicholas Saputra.

Film pendek berdurasi 30 menit ini banyak menceritakan kegelisahan bagaimana Rhun yang memainkan peran sebagai seorang penulis novel harus berjuang menuntaskan novel tersebut selama enam pekan.

Dalam pengerjaannya, Rhun dibantu oleh Ajeng yang diperankan oleh Rania Putrisari yang sudah dipilih oleh tim penerbit untuk membantu menuntaskan novel yang sedang dikerjakan oleh Rhun. Ajeng, memiliki peran untuk menceritakan dan membacakan novel sebelum nantinya diterbitkan.

Setelah beberapa Rabu terlewati, Ajeng tidak lagi menampakkan dirinya yang membuat Rhun merasa penasaran untuk mengunjungi kediamannya.

Setelah sampai di kediaman Ajeng, Rhun dikejutkan dengan kabar yang diberikan oleh tantenya yang memberikan sebuah tautan berita tentang kejadian yang dialami oleh Ajeng. Meski begitu, Rhun tetap menyelesaikan novel tersebut meski dalam hatinya masih mengharapkan kehadiran Ajeng.

Sebuah film pendek ini juga menjadi bukti nyata bahwa Oppo Find X5 Pro 5G ini bener-benar mampu dan mumpuni untuk dijadikan senjata dalam pembuatan film seperti yang disampaikan oleh Creative Manager Oppo Indonesia Andri dalam sambutannya.

"Film ini sebagai bukti nyata bahwa Oppo Find X5 Pro 5G mumpuni sebagai alat untuk pengambilan gambar yang dijadikan karya seni film," tutur dia.

Film pendek ekslusif OPPO CineFinders "Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu" dapat disaksikan di Official Youtube channel OPPO pada 6 Oktober 2022.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Buat film dengan kamera smartphone lebih hemat