Desa Osango Mamasa, Kampung Pancasila di Sulbar

id Kampung Pancasila

Desa Osango Mamasa, Kampung Pancasila di Sulbar

Dandim 1428 Kabupaten Mamasa Letkol Infanferi Stevi Palapa, dan Wakil Bupati Mamasa Martinus Tiranda meresmikan Desa Osango sebagai kampung Pancasila di Mamasa, Jumat (09/9/2022) ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi

Mamasa (ANTARA) - Kodim 1428 Kabupaten Mamasa dan Pemerintah Kabupaten Mamasa menetapkan  Desa Osango Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi Kampung Pancasila.

Dandim 1428 Kabupaten Mamasa Letkol Infanferi Stevi Palapa dan Wakil Bupati Mamasa Martinus Tiranda meresmikan Desa Osango sebagai Kampung Pancasila di Mamasa, Jumat.

Dandim Mamasa mengatakan pengukuhan Kampung Pancasila bertujuan untuk mengkomunikasikan dan menggalakkan kembali implementasi nilai luhur terkandung dalam Pancasila.

"Nilai luhur Pancasila perlu mendapat perhatian khusus di tengah perkembangan situasi, yang saat ini mengalami tantangan ancaman disintegrasi dan budaya yg tidak sesuai dengan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari," katanya.

Menurut dia, kampung Pancasila juga untuk menindaklanjuti perintah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) agar menumbuhkan kembali falsafah bangsa dan nilai luhur bangsa Indonesia yang terkandung dalam Pancasila dengan menggalakkan kampung Pancasila guna menangkal paham yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila.

Ia berharap nilai kebaikan dapat tertanam di masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman yang dapat memecah belah anak bangsa dan merongrong persatuan dan kesatuan bernegara yang setiap saat itu bisa saja terjadi.

Ia juga berharap Kampung Pancasila ini dapat dicontoh oleh desa lain desa lainnya di Mamasa, dan Desa Osango dapat menjadi duta bagi keluarga dan daerah lain dalam mengimplementasikan nilai luhur Pancasila.