Lapas Narkotika usulkan 38 napi bebas pada HUT RI

id Lapas narkotika, remisi agustua, hut ri, napi lapas rajabasa

Lapas Narkotika usulkan 38 napi bebas pada HUT RI

Kalapas Narkotika Kelas II, Porman Siregar. (ANTARA/DAMIRI)

Sementara yang selesai dan sudah kita usulkan 699 orang. Mungkin nanti ada penambahan karena mereka ada yang sedang menyiapkan berkas dan lainnya, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bandarlampung, mengusulkan sebanyak 38 orang warga binaan yang akan bebas bertepatan dengan HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Sementara kita usulkan 38 orang bebas atau RU2. Mudah-mudahan semuanya terkabulkan," kata Kalapas Narkotika, Porman Siregar di Bandarlampung, Jumat.

Dia melanjutkan selain mengusulkan 38 orang warga binaan yang akan bebas, pihaknya juga mengusulkan sebanyak 699 orang warga binaan yang akan mendapat remisi atau RU1.

Pengusulan tersebut, lanjut dia, akan terus  bertambah lantaran ada yang masih dalam pengurusan berkas maupun data-data lainnya.

"Sementara yang selesai dan sudah kita usulkan 699 orang. Mungkin nanti ada penambahan karena mereka ada yang sedang menyiapkan berkas dan lainnya," kata dia.

Porman menambahkan remisi tersebut dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 03 Tahun 2018 Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Ia berharap ke depan warga binaan yang mendapatkan remisi dapat menjadi lebih baik lagi dan terus mengikuti program pembinaan yang ada di lapas sehingga ke depan jika ada remisi akan dapat kembali.

"Kepada yang bebas juga nanti pada HUT RI agar dapat menjadi lebih baik dan berguna di lingkungan masyarakat. Tidak usah lagi melakukan perbuatan yang melanggar hukum sehingga tidak kembali masuk," katanya.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022