Program tebar hewan kurban Dompet Dhuafa disambut gembira peternak kecil

id Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa

Program tebar hewan kurban Dompet Dhuafa disambut gembira peternak kecil

Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa disambut gembira peternak kecil. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Yogyakarta (ANTARA) - Tutupnya pasar hewan dan pemberlakuan pembatasan lalu lintas hewan ternak antarwilayah cukup mengganggu para peternak kecil.

Sumber perputaran uang di pasar hewan macet akibat PMK. Namun, di Hari Raya Kurban kali ini, para petani kecil di pelosok kembali gembira dengan hadirnya program THK (Tebar Hewan Kurban) Dompet Dhuafa di wilayah mereka, karena turut menyerap hewan ternak yang mereka punya dan tak sempat dipasarkan ke luar wilayah.

Kebaikan para donatur dan yang berkurban di Dompet Dhuafa membawa angin segar bagi mereka.

“Alhamdulillah ada kurban dari Dompet Dhuafa. Kolaborasi ini menjadi angin segar bagi kami, para peternak di pelosok. Jelas, adanya wabah PMK cukup merepotkan pemasaran hewan di sini. Karena pasar hewan ditutup dan akses mobilitas pengiriman hewan kurban dibatasi. Tapi adanya tebar hewan kuban, telah menyelamatkan perekonomian kami,” jelas Sulasno, salah satu peternak binaan THK Dompet Dhuafa di Jepitu, Gunungkidul, Yogyakarta saat diwawancarai Jumat, (08/07/2022).

Sejak awal hadirnya program tebar hewan kurban, memang memiliki misi pemerataan daging kurban ke pelosok-pelosok. Sehingga daging kurban tidak menumpuk di perkotaan saja.

Mengingat, masjid-masjid di perkotaan dipenuhi hewan kurban yang siap disembelih sebagai bukti ketaatan seorang muslim kepada Allah SWT. Namun belum tentu sama dengan masyarakat di pelosok yang bahkan hanya setahun sekali dapat menikmati daging. Yaitu daging berkah dari pembagian kurban.

Seiring berjalannya waktu, selain pemerataan sebaran daging kurban, Dompet Dhuafa juga menginisiasi adanya pemberdayaan peternak kecil. Sehingga pada saat pendistribusian hewan kurban, lebih mudah dan hemat biaya.

Pada hal ini Dompet Dhuafa membuat kantong-kantong kelompok ternak kecil yang menjadi pemasok hewan kurban hingga ke pelosok-pelosok. Jadi adanya Tebar Hewan Kurban, Dompet Dhuafa tak hanya memeratakan sebaran daging kurban, tetapi juga memberdayakan peternak kecil di desa-desa.

Sementara itu, Ketua program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa, Dian Mulyadi mengatakan, penghimpunan hewan kurban pada tahun ini menunjukkan peningkatan.

Melihat penghimpunan secara nasional menunjukan intensitas lalu lintas pembayaran kurban dari masyarakat cukup bagus. Meski masih ada sedikit margin berbanding kurban tahun lalu.

"Insyaa Allah, sampai akhir waktu, Tebar Hewan Kurban menunjukkan pertumbuhan positif," ujarnya.

Dian Mulyadi menambahkan, hewan kurban yang berhasil dihimpun mencapai lebih 14 ribu ekor. 

"Di sisi lain per hari ini untuk penjualan domba kambing premiun dengan bobot lebih 29 kilogram sudah terjual habis. Kami pun optimis kurban tahun ini dapat mendongkrak penghimpunan. Mengingat terdapat tren lonjakan pembelian menjelang hari terkahir. Dari tahun ke tahun seperti itu polanya,” jelasnya.

Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.