REI Lampung sebut bisnis properti mulai bangkit

id Bisnis properti Lampung, pertumbuhan sektor properti, perbaikan ekonomi

REI Lampung sebut bisnis properti mulai bangkit

Bisnis properti di Lampung diperkirakan meningkat di tahun 2022 (ANTARA/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Real Estate Indonesia (REI) Lampung Djoko Santoso optimistis adanya perbaikan keadaan setelah COVID-19 melandai akan meningkatkan pertumbuhan penjualan sektor properti di daerahnya.

"Seperti kita ketahui pandemi COVID-19 mulai berkurang, dan ini membawa dampak positif pada perekonomian dan dunia usaha di daerah," ujar Djoko Santoso, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, pertumbuhan pada sektor properti terlihat dengan adanya peningkatan penjualan properti per bulan sebesar 5-8 persen dari tahun sebelumnya.

"Kalau dibandingkan tahun kemarin ada peningkatan sekitar 5-8 persen per bulan, atau kurang lebih terealisasi sekitar 2.000 unit di Lampung yang terjual," katanya.

Menurutnya, peningkatan penjualan properti tersebut didominasi dengan penjualan rumah subsidi.

"Mayoritas yang banyak terjual memang rumah subsidi sebab pangsa pasarnya cukup luas, tapi tidak menutup kemungkinan rumah komersil pun tetap ada pertumbuhan setelah COVID-19 melandai," tambahnya.

Dia melanjutkan, meski pertumbuhan bidang properti tidak terjadi dengan cepat, dengan adanya tren penurunan kasus COVID-19 pihaknya tetap optimis sektor properti dapat terus bertumbuh.

"Seperti kita tahu pandemi mulai berkurang, ini membawa dampak positif bagi dunia usaha tidak terlepas di bidang properti. Biasanya perbaikan di dunia properti tidak instan jadi perlu waktu, sebab kemampuan ekonomi untuk pulih memberi efek ke dunia properti dan kami optimis ini dapat terus terjadi," katanya.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022