Wali Kota Metro studi komparasi ke Kabupaten Badung

id Studi

Wali Kota Metro studi komparasi ke Kabupaten Badung

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin berbincang dengan Sekda Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Wayan Adi Arnawa saat kunker studi komparasi. (ANTARA/Kominfo Metro)

Kita ingin menyerap informasi dari beberapa OPD yang ada di Badung terkait pemberdayaan masyarakat maupun kesehatan, ujarnya

Metro (ANTARA) - Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin bersama Ketua Dekranasda Silfia Naharani Wahdi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Kamis (9/12) dalam rangka studi komparasi perkembangan daerah. 

Dalam kunker ini, Wali Kota bersama rombongan diterima secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, Wayan Adi Arnawa di Kantor Bupati Puspem Mangunpraja Mandala.

Wahdi menjelaskan, kunker ke Kabupaten Badung ini sengaja dilakukan dalam rangka studi komparasi perkembangan daerah utamanya berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan bidang kesehatan.

"Ada hal penting juga melalui kunjungan studi ini, kita ingin banyak belajar dari Kabupaten Badung. Kita ingin menyerap informasi dari beberapa OPD yang ada di Badung terkait pemberdayaan masyarakat maupun kesehatan. Selain itu, kami juga ingin mengetahui pengembangan pariwisata di sini. Tentu harapannya bisa diterapkan di Metro," jelasnya. 

Baca juga: Wali Kota Metro luncurkan Program "Wakuncar"

Dikatakannya, Kota Metro memiliki karakteristik daerah yang berbeda dengan Kabupaten Badung. Namun, ada beberapa hal terkait pengembangan pariwisata dari kabupaten ini yang bisa diterapkan di Bumi Sai Wawai. 

"Kita tahu Kota Metro tentu tidak seperti Bali namun kami yakin karena sebagian besar warga Kota Metro merupakan masyarakat Bali yang sudah menetap lama di Lampung juga akan menjadi modal kearifan lokal yang ada di Kota Metro," kata Wahdi. 

Sementara itu, Sekda Kabupaten Badung, Wayan Adi Arnawa mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Metro bersama rombongan yang telah mengunjungi Bangli. Pasalnya, melalui kunjungan ini, Wali Kota Metro dan rombongan turut berkontribusi dalam peningkatan PAD Kabupaten Badung. 

Baca juga: Pemkot Metro batasi mobilitas saat libur Natal dan tahun baru

"Tentu atas nama pemkab  dan mewakili Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Bapak Wali Kota Metro beserta jajaran ke Kabupaten Badung. Melalui kunjungan ini, Bapak Wali Kota beserta jajaran sudah berkontribusi dalam membantu meningkatkan PAD kita,” ujarnya. 

Ia menambahkan, akan ada banyak hal yang bisa dikerja samakan Pemkab Badung dengan Pemkot Metro dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19. 

“Tentu kita juga berharap kegiatan atau program yang bisa kita terapkan di Badung, bisa kita sharing melalui perangkat daerah teknis yang akan dikunjungi Bapak Wali Kota beserta rombongannya. Mudah-mudahan bisa memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada Bapak Wali Kota Metro," tambahnya.