Unila sambut kunjungan studi banding Tim BLU ITK Kalimantan Timur

id lampung, kampus, unila, universitas lampung, universitas

Unila sambut kunjungan studi banding Tim BLU ITK Kalimantan Timur

Unila sambut kunjungan studi banding Tim BLU ITK Kalimantan Timur. ANTARA/HO-Unila

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Lampung (Unila) Dr Habibullah Jimad beserta jajaran, menerima kunjungan rombongan Tim Badan Layanan Umum (BLU) Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Kalimantan Timur, di ruang sidang utama Rektorat Unila, Rabu, 12 Juni 2024.

Dr Habibullah Jimad dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya atas kedatangan Tim BLU ITK yang memilih Unila sebagai tujuan studi banding untuk pengelolaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) BLU.

“Kita (Unila) termasuk gelombang pertama yang bertransformasi dari PTN Satker menjadi PTN BLU, dengan nomor urut sembilan dari seluruh Indonesia,” ujarnya pula.

Lebih lanjut, Dr Habibullah menjelaskan, Unila memutuskan untuk bertransformasi menjadi PTN BLU, agar pengelolaan kampus lebih fleksibel dan mampu mengelola keuangan secara mandiri.

Kunjungan ini merupakan bagian dari studi banding Tim BLU ITK yang saat ini sedang dalam proses bertransformasi dari PTN Satker menjadi PTN BLU. Unila telah menggunakan sistem BLU dalam pengelolaan keuangannya sejak tahun 2009.

Ketua Tim Revitalisasi BLU ITK Andi Idhil Ismail mengucapkan terima kasih kepada Unila yang telah menyambut Tim BLU ITK dengan hangat untuk belajar dalam rangka transformasi ITK dari PTN Satker menjadi PTN BLU.

“Mudah-mudahan kunjungan ini memungkinkan kami menyerap banyak informasi, sehingga ketika pulang nanti bisa membawa hasil yang bermanfaat bagi ITK,” ujarnya.

Tim ITK yang hadir dalam pertemuan ini terdiri dari lima orang. Dari pihak tuan rumah, turut hadir Kepala Biro Perencanaan dan Humas (BPHM), Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK), Ketua Badan Pengelola Usaha (BPU) Unila, Tim BPU Unila, Tim Keuangan Unila, Koordinator Bagian HTLBMNU, Koordinator Bagian Perencanaan, Subkoordinator Rumah Tangga, Subkoordinator Keuangan, dan Subkoordinator Perencanaan.

Setelah proses penyambutan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu Kepala BPU Unila Ir Amril Ma’ruf Siregar, serta tanya jawab dengan Tim BLU Unila.