Sebagian besar atlet PON Lampung latihan di luar daerah

id pon papua, lolos pon, atlet pon lampung, tryout, training camp

Sebagian besar atlet PON Lampung latihan di luar daerah

Ilustrasi atlet senam Lampung Ade Meiyusi tengah berlatih di Rusia (ANTARA/HO)

Selama pandemi ini pemusatan latihan agak berbeda sebelum terjadinya COVID-19, karena itu kami berharap seluruh pelatih dan atlet juga mampu  melakukan improvisasi saat latihan, katanya 

Bandarlampung (ANTARA) - Hampir setengah dari cabang olahraga Lampung yang lolos ke PON Papua fokus menghadapi event olahraga empat tahunan itu dengan berlatih di luar daerah. 

"Setidaknya ada belasan cabang olahraga yang berlatih di luar Lampung, baik yang sedang melakukan training camp di luar negeri maupun beberapa lainnya masih di pelatnas dan sebagian lagi try out di dalam negeri," kata Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Lampung, DR Frans Nurseto, di Bandarlampung, Selasa. 

Ia menjelaskan saat ini sebagian besar atlet PON Lampung fokus untuk berlatih tanding ke luar daerah, hal itu sangat bagus untuk menghadapi PON meski masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Selama pandemi ini pemusatan latihan agak berbeda sebelum terjadinya COVID-19, karena itu kami berharap seluruh pelatih dan atlet juga mampu  melakukan improvisasi saat latihan, " katanya. 

Baca juga: Tim kempo Lampung berpeluang memperoleh medali PON

Frans menuturkan saat ini beberapa atlet yang ditargetkan meraih medali terutama medali emas sudah sangat serius menghadapi sisa waktu yang tinggal dua bulan lagi. 

"Ya mereka diharapkan menggunakan sisa waktu yang ada untuk memperoleh bekal bertanding yang terbaik," tambahnya. 

Sementara itu atlet yang tengah menjalani pelatihan di luar negeri,  yakni Ade Meiyusi pesenam artistik Lampung sedang training camp di Rusia.

Kemudian dua karateka Lampung, Nurhalim Arlendi dan Selly Septiani berada di pelatnas yang berlatih di Bali, pesenam aerobik Lampung, Ummi Haryani dan denda Firmansyah juga menjalani latihan di Jakarta.

Baca juga: Atlet panahan Lampung tetap berlatih di PKOR Way Halim

Kemudian Maryono dan atlet cabang menembak fokus untuk latihan di Cilodong Jakarta. Trio atlet terjun payung, yakni  Purwanto, Eko dan Erlando berada di Margahayu Bandung untuk berlatih bersama beberapa penerjun payung TNI Angkatan Udara.

Dua perenang Lampung Akbar Wendi dan Halimatus Sa’diah saat ini berada di Jakarta untuk memperdalam kemampuannya. Sedangkan dua peselam Lampung, Nur Rohman dan Wira Afriansyah berlatih di Surabaya, sementara Vania Carrisa berlatih di Lampung.

Dua atelt muaythai, Mitra Waruwu dan Agus Dwi Cahyo, saat ini mengikuti latihan program nasional bersama PB MI di Mega Mendung Bogor Jawa Barat, sedangkan atlet wushu, Saepul Anwar berlatih di Pelatnas Jakarta dan sedang ada program ke Aceh untuk pendalaman teknik dan pertandingan.

Atlet taekwondo Ahmad Syaeful Anwar didampingi pelatihnya sedang melakukan safari try out ke Bengkulu, Padang dan Riau. 

Baca juga: Atlet Muay Thai Lampung memerlukan lawan buat uji tanding

Dari cabor biliar, Agung Aditya Pratama berlatih terpisah dari Yona Damayanti. Agung saat ini berlatih di Tangerang, sedangkan Yona tetap berlatih di Lampung.

Atlet tolak peluru Lampung saat ini berlatih di Semarang, dan atlet dayung sedang berlatih keras di Jawa Barat. Dua pebalap motor Lampung saat ini berada di Yogjakarta untuk melakukan try out dan berlatih teknik.

Masih ada beberapa yang merencanakan ikut di beberapa event. Seperti tinju, direncanakan akan ikut Kejuaraan Dunia Junior di Qatar, yang dijadwalkan akan berangkat pada 25 Agustus 2021.

Baca juga: Pesenam Lampung berlatih di Rusia untuk hadapi PON Papua

Selebihnya, kata Frans, semuanya berlatih fokus di Lampung. Seperti angkat berat dan angkat besi yang sudah terpusat di Padepokan Gajah Lampung di Pringsewu. 

"Yang lain masih berlatih di Lampung dan diharapkan tetap fokus dan menjaga kesehatan, serta keterampilannya masing-masing," tambah Babe panggilan akrab Frans Nurseto.  

Lampung meloloskan 26 cabang olahraga di PON XX Papua yang akan berlangsung pada Oktober 2021.